Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Peta Dunia Tiga Dimensi Asal Bekasi Juarai Dekranasda Award Jabar

Kompas.com - 01/07/2024, 20:30 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

Sumber Antara

Baca juga: Dorong UMKM Tingkatkan Pemasaran Produk, Dekranasda Sumut Gelar Pelatihan Digitalisasi PromosiBEKASI, KOMPAS.com - Produk unggulan Kabupaten Bekasi yakni Baragakai menyabet juara satu pada ajang Dekranasda Award Jawa Barat 2024 di Kota Bandung, Jawa Barat pada Minggu (30/6/2024).

"Saya sangat bangga dengan produk-produk Kabupaten Bekasi. Ini semakin mengokohkan keyakinan bahwa jika kita mau berusaha, produk daerah bisa jadi juara di bidang apapun," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Senin (1/6/2024) seperti dilansir dari Antara.

Baragakai merupakan produk asal Kecamatan Cikarang Utara yang mengaplikasikan karya seni Mandala ke dalam bentuk peta dunia tiga dimensi hingga terbentuk hiasan multilayer yang luar biasa.

Produk ini mampu mengungguli kreasi dari daerah lain se-Jawa Barat dengan kategori produk berbahan baku logam, kayu, dan material alam pada penganugerahan Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKBJ) yang menjadi bagian dari ajang Dekranasda Award 2024.

Dani berharap pencapaian ini membuat masyarakat khususnya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) semakin meyakini kemajuan Kabupaten Bekasi ke depan mampu mewujudkan daerah itu menjadi juara lahir dan batin.

 

Sementara itu, perajin produk Baragakai, Elis Kartini menyampaikan rasa senang karena mampu meraih juara pertama di ajang besar sekelas Dekranasda Award Jawa Barat ini.

"Alhamdulillah kami sangat senang, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pak Penjabat Bupati dan Dekranasda Kabupaten Bekasi yang telah memberikan kepercayaan dan kesempatan kepada kami," ucap Elis.

Ia menjelaskan perlu waktu kurang lebih satu bulan untuk menyelesaikan karya luar biasa ini. Ia berharap kemenangan ini bisa memotivasi seluruh UMKM untuk terus berkarya.

Ajang KKJ-PKJB berlangsung pada 28-30 Juni 2024 di Kota Bandung dan melibatkan 325 pelaku UMKM se-Provinsi Jawa Barat.(KR-PRA).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com