Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT Timah Tbk Kucurkan Pembiayaan Rp 1,2 Miliar untuk UMKM di Bangka Belitung dan Kepri

Kompas.com - 09/07/2024, 19:36 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebagai upaya mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk lebih mandiri dan berdaya saing global, PT Timah Tbk selama triwulan I Tahun 2024 telah mengucurkan pembiayaan Rp1,2 miliar untuk membantu modal 43 UMKM di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kepulauan Riau.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Anggi Siahaan mengatakan, PT Timah terus mendorong pengembangan UMKM di wilayah operasional perusahaan, secara terintegrasi mulai dari permodalan, pembinaan, pelatihan, dan pemasaran.

“PT Timah melalui Program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) pada semester 1 tahun 2024 telah menyalurkan Rp1,2 miliar bagi 43 UMKM di Provinsi Bangka Belitung dan Provinsi Kepulauan Riau yang disalurkan melalui Bank BRI diantaranya di wilayah Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Pangkalpinang, Belitung Timur dan Karimun,” jelas Anggi di Pangkalpinang, seperti dikutip dari Antara, Selasa (9/7/2024).

Baca juga: Dukung Pembiayaan Ekspor UKM, LPEI Kucurkan Pembiayaan Sebesar Rp 1 Triliun

Selain itu, pada tahun ini PT Timah juga memfasilitasi para pelaku UMKM mitra binaan mengikuti pameran di tingkat lokal dan nasional, untuk membantu mempromosikan produk mereka.

Menurut Anggi, melalui program PUMK PT Timah menyasar berbagai pelaku usaha dari berbagai sektor jasa, ekonomi kreatif, industri, perdagangan, peternakan, pertanian, kuliner, kelautan, perikanan, kerajinan, dan lainnya.

"Pada 2023 PT Timah menggelontorkan dana Rp 6,8 miliar untuk mendukung permodalan bagi 191 UMKM di wilayah operasional," katanya.

Ia menyatakan, dari hal tersebut sebanyak 20 mitra binaan PT Timah naik kelas pada 2023. UMKM yang naik kelas dilihat dari beberapa indikator seperti peningkatan jumlah pekerja, peningkatan omzet, dan pelibatan masyarakat sekitar untuk menghasilkan produk.

"Melalui upaya-upaya ini, perusahaan mengambil peran untuk mendorong pengembangan UMKM untuk mendorong ekonomi masyarakat. Kami berharap masyarakat dapat merasakan manfaat dari pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat," tutupnya.

Baca juga: PT. Timah Daftarkan 4.000 Produk UMKM Bangka Belitung ke Pasar Digital BUMN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau