Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PNM Dorong Ekonomi Masyarakat Pesisir Melalui Pengelolaan Terumbu Karang

Kompas.com - 01/10/2024, 21:28 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mendorong kehidupan laut dan masyarakat pesisir yang lebih baik dengan langkah strategis penanaman dan pengelolaan ekosistem terumbu karang di Pantai Bangsring, Banyuwangi pada Kamis (26/9/2024).

PNM berharap dengan hadirnya terumbu karang yang sehat akan berimbas pada lingkungan melalui ekosistem dan habitat bawah laut. Selain itu, terumbu karang juga memiliki nilai ekonomis sebagai lokasi penangkapan biota laut hingga sebagai tempat rekreasi.

Sejalan dengan hal ini, diharapkan pula melalui pengelolaan terumbu karang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat pesisir yang memiliki ketergantungan tinggi terhadap ekosistem laut.

Baca juga: PNM Dorong Minat Baca Anak-anak Pelaku UMKM lewat Sudut Literasi Pantai Bansring

Sekretaris Perusahaan PNM, L. Dodot Patria Ary juga berharap program konservasi ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dengan memanfaatkan peluang ekonomi di dalamnya secara bijak.

“Terumbu karang yang sehat membuat jumlah ikan berlimpah, artinya masyarakat pesisir bisa menjual lebih banyak dan dapat penghasilan yang juga bertambah,” kata Dodot, Kamis (26/09/2024).

Lebih lanjut Dodot menjelaskan, terumbu karang juga dapat dijadikan sebagai perhiasan sebagai variasi produk usaha unggulan. Oleh karena itu, melalui pengelolaan dan budidaya yang baik maka terumbu karang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Baca juga: Per Agustus, PNM Mekaar Telah Salurkan Pembiayaan Ultra Mikro Rp 45 Triliun

Dodot meyakini dengan kondisi laut yang sehat Indonesia bisa semakin maju. Tentunya untuk mengimplementasikan hal ini diperlukan kesadaran yang tinggi, dukungan dan kolaborasi baik oleh masyarakat pesisir maupun wisatawan dalam menjaga dan mengembangkannya.

“Sektor kelautan ini krusial bagi Indonesia apalagi kita sebagai negara kepulauan, sehingga perlu kolaborasi aktif dari seluruh elemen masyarakat. PNM akan terus berupaya menyajikan program berkelanjutan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir,” pungkas Dodot.

Baca juga: Kisah Ibu-ibu Desa Telemung, Memulai Usaha dari Pinjaman Modal PNM Mekaar

Terumbu karang memainkan peran penting dalam menjaga ekosistem pesisir yang sehat. Dengan menanam terumbu karang PNM berharap dapat mendukung pengelolaan laut secara berkelanjutan, mendorong terciptanya lapangan pekerjaan serta mendukung ekonomi lokal melalui ekowisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau