Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KemenKopUKM Dorong KUR Agregator untuk Perkuat Ekosistem UMKM

Kompas.com - 04/10/2024, 21:41 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKop UKM) mendorong Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pengepul yang mendukung bisnis dengan memudahkan pengelolaan dan meningkatkan efisiensi operasional atau agregator. Kemudahan tersebut dilakukan untuk mendorong ekosistem UMKM di Indonesia.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang UKM KemenKop UKM, Temmy Satya Permana berharap melalui KUR Agregator, dapat membantu menarik usaha mikro naik kelas melalui rantai pasok (supply chain) yang lebih tinggi.

Baca juga: Dukung Pebisnis Kopi Lokal, Kemenkop UKM Beri Pelatihan untuk Barista

Diketahui bahwa sejauh ini program KUR belum mengakomodir para agregator. Padahal dibutuhkan juga pembiayaan insentif untuk agregator. Maka dari itu, KemenKop UKM merumuskan KUR Agregator dengan nilai di atas Rp 500 juta.

"Kami harapkan bisa menampung dan menjadi off-taker dari usaha mikro yang menjadi rantai pasoknya. Tugas dari agregator adalah menemukan antara usaha mikro dengan usaha besar dan usaha menengah di atasnya," kata Temmy, Kamis (3/10/2024).

Lebih lanjut Temmy mengungkapkan, alasan KemenKopUKM dorong KUR agregator karena memang faktanya usaha mikro tidak bisa maju direct ke pasar apalagi sampai ekspor tanpa  peran agregator.

Baca juga: Kemenkop UKM Gandeng APSKI Gelar Entrepreneur Hub Goes to Campus di Makassar

"Kenapa menjadi penting kita melakukan subsidi kepada kredit menengah, karena kalau mereka mendapatkan pendanaan pembiayaan yang murah, mau tidak mau dia bisa memberikan spare lebih tinggi kepada rantai pasoknya, kepada usaha mikronya, tanpa harus menekan harga beli dari supply chain-nya," paparnya.

Temmy juga mengatakan alasan kedua perlunya KUR Agregator ini untuk menciptakan ekosistem UMKM yang lebih kuat. Faktanya, usaha-usaha mikro lebih lemah ketahanannya terhadap pembayaran, tidak sekuat pelaku usaha kecil menengah.

Temmy menyimpulkan, artinya ada faktor resiko yang diambil alih oleh teman-temannya di skala kecil atau menengah, untuk bisa mengayomi atau membina rantai pasok usaha kecilnya.

Baca juga: Kemenkop UKM Ajak Startup dan Petinggi Inkubator Jajaki Peluang Bisnis di Australia

"Kemudian pada akhirnya nanti kalau kita bisa punya KUR Agregator tadi, siap untuk menarik yang mikro agar naik kelas," ujar Temmy

Temmy juga menegaskan KUR Agregator ini bisa meastikan kualitas para UMKM, karena agregator melakukan kurasi dan pembinaan terhadap kualitas barang yang disetor oleh usaha mikro.

"Jadi teman-teman usaha mikro harus ikut standar yang ditetapkan oleh agregatornya, biar agregatornya berurusan dengan pasar," pungkas Temmy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau