Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Ferry Juliantono, Politisi Gerindra yang Ditunjuk jadi Wamen Koperasi

Kompas.com - 21/10/2024, 07:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Prabowo Subianto telah menunjuk Ferry Juliantono sebagai Wakil Menteri Koperasi dalam Kabinet Merah Putih pada Minggu (20/10/2024). Ferry akan mendampingi Menteri Koperasi, Budi Arie Setiadi dalam kiprahnya ke depan.

Ferry dikenal sebagai salah satu politikus di Partai Gerindra dengan jabatan sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra. 

Pencapaian Ferry saat ini punya perjalanan yang cukup panjang. Ferry pada saat muda menimba ilmu di Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran dan mengambil studi Akuntansi.

Ferry kemudian lulus pada tahun 1993. Pada tahun 2026, Ferry melanjutkan studi pascasarjana di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dengan kekhususan Ekonomi Politik Internasional pada tahun 2006. 

Sebelum berkiprah bersama Gerindra, Ferry mengawali karir politiknya dengan bergabung ke dalam Partai Demokrat pada tahun 2010. Keputusannya itu menjadi salah satu pendorong Ferry tiba di posisi saat ini. 

Di samping dunia politik, Ferry terlibat aktif dalam dunia koperasi. Nama Ferry saat ini tercatat sebagai Wakil Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

Nama Ferry juga tercatat sebagai salah satu dari 100 tokoh koperasi yang diabadikan dalam buku "Apa dan Siapa 100 Orang Koperasi Indonesia" karya Irsyad Muchtar.

Baca juga: Profil Budi Arie yang Ditunjuk Prabowo sebagai Menteri Koperasi

 

Dedikasinya di dunia koperasi membawanya pada peran-peran strategis lainnya, seperti Sekretaris Dewan Pembina Induk KUD (Inkud) dan Ketua Dekopinwil DKI Jakarta. Nama Ferry Juliantono juga tak lepas dari perjuangannya dalam memperkuat ekonomi rakyat.

Lewat posisinya di organisasi koperasi, Ferry juga memperjuangkan nasib petani, nelayan, buruh, dan masyarakat agraria. Aktivisme yang telah ia geluti sejak lama diwujudkan dalam berbagai aksi demonstrasi yang menyuarakan kepentingan rakyat.

Pengalaman akademisnya memperkaya pemahamannya dalam mengelola isu-isu ekonomi dan sosial yang ia perjuangkan hingga saat ini.

Perpaduan antara latar belakang pendidikan dan keterlibatan aktifnya dalam dunia politik serta koperasi membuat Ferry Juliantono menjadi salah satu figur yang berpengaruh dalam upaya memperjuangkan ekonomi rakyat di Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau