Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips agar Kamu Betah Menjalankan Bisnis di Perantauan

Kompas.com - 26/02/2022, 13:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bekerja maupun menjalankan usaha di kota kelahiran tentu lebih menyenangkan. Selain bisa dekat dengan keluarga, juga lebih hemat biaya.

Namun dalam bekerja, kita harus bersikap profesional, termasuk bisa tinggal di mana saja untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

Berikut tips agar kerasan kerja di luar kota, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Cepat beradaptasi atau menyesuaikan diri

Meski masih berada di negara yang sama, yaitu Indonesia, setiap kota atau daerah memiliki budaya yang berbeda. Termasuk karakteristik penduduknya, adat istiadat, kebiasaan, dan sebagainya.

Kamu harus mampu dan cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Belajar bertanggung jawab atas diri sendiri dalam segala hal.

Ingat, kamu sedang bekerja sendirian di kota ‘orang’. Tidak ada orangtua dan sanak keluarga yang dikenal, sehingga harus belajar mandiri.

Kenali kehidupan di lingkungan sekitar kota tempatmu bekerja, namun jangan sampai terbawa arus. Tetap bijak memilih, mana yang baik dan buruk, sehingga kamu bisa betah dan sukses di perantauan.

2. Ingat tujuan hidupmu

Pasti ada tujuan hidup yang ingin kamu capai sehingga memutuskan bekerja di luar kota. Entah itu untuk mendapatkan gaji yang besar, mengejar karier impian, mencari pengalaman, atau tujuan lainnya.

Setiap kali kamu kena ‘sindrom kangen rumah atau keluarga,’ maupun ada masalah dengan pekerjaan atau rekan kerja, ingat kembali tujuan hidup ini agar kamu tidak menyerah begitu saja dengan keadaan.

Namanya bekerja dan mencari rejeki, di manapun pasti ada suka dukanya. Tidak melulu enak terus, karena pasti kamu akan menemui berbagai masalah yang membuatmu semakin dewasa dan belajar mencari solusinya.

Tujuan hidup tersebut juga akan menguatkan kamu untuk tetap semangat dan produktif bekerja.

3. Buka diri untuk mencari teman dan jaringan baru

Saat berada di luar kota, kamu harus belajar membuka diri untuk menjalin pertemanan baru. Bergaul dengan rekan kerja, tetangga, dan orang lain dari segala kalangan.

Syukur-syukur bisa mendapatkan teman dari kota asal yang sama. Kalaupun tidak, kamu dapat berteman dengan siapapun tanpa memandang suku, agama, ras, dan status sosial.

Dengan demikian, kamu tidak akan lagi merasa sendirian. Ada teman-teman baru yang akan membuatmu semakin betah bekerja di luar kota.

Baca Juga: 7 Tips Meredam Emosi di Depan Bos

4. Jelajahi tempat baru

Jika memungkinkan, luangkan waktu untuk sekedar menjelajahi setiap sudut kota tempat kamu bekerja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com