Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tipe Orang yang Kurang Cocok Berbisnis, Apakah Kamu Termasuk?

Kompas.com - 18/03/2022, 16:40 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap orang pada dasarnya memiliki bakat berwirausaha atau menjadi pengusaha. Tetapi, bakat saja tidak cukup. Dibutuhkan latihan dan pengalaman agar dapat menjadi pengusaha bermental baja dan tangguh.

Pengusaha yang sukses adalah mereka yang memiliki sifat dan karakteristik yang mendukung keterampilan atau keahliannya. Seperti visioner, tidak mudah putus asa, percaya diri, kreativitas, dan lainnya.

Tetapi ada orang-orang yang kurang cocok berbisnis. Jika tetap nekat bisnis atau usaha, kemungkinan besar akan gagal. Ini tipe-tipe orang yang dimaksud, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Suka membuat keputusan mendadak

Bagi yang suka membuat keputusan mendadak, kamu bukan tipe orang yang cocok terjun ke dunia bisnis. Kalau tetap bersikeras, sama saja dengan menjatuhkan diri ke jurang.

Bisnismu bakal susah berhasil karena dalam mengambil keputusan harus berdasarkan berbagai pertimbangan yang matang. Perlu dipikirkan sebab, akibat, keuntungan, dan segala risiko yang muncul dari setiap aktivitas yang berhubungan dengan bisnis.

2. Ragu terhadap kemampuan diri sendiri

Memang, kamu bukan seorang peramal hebat yang dapat memprediksi kelangsungan bisnis. Tapi setidaknya kamu memiliki bekal cukup yang ada kaitannya dengan bisnis untuk memudahkan pengambilan keputusan.

Penting juga untuk menghindari keraguan dalam hal apapun, baik itu kemampuan diri termasuk saat mengambil keputusan. Kamu ragu apakah bisa menjalankan bisnis tersebut, atau ragu bisa membuat produk yang disukai konsumen.

Keraguan tidak akan mendatangkan hasil maksimal, tapi justru mendatangkan malapetaka yang membuat aktivitas bisnis menjadi terhambat. Di mana bisnis kompetitor sudah dua langkah di depan, sementara bisnismu masih stagnan alias jalan di tempat.

Jadi, buang jauh-jauh keraguan, mantapkan langkah dan percaya diri dalam dunia berbisnis.

3. Takut gagal

Salah satu tipe orang yang tidak akan bisa sukses sampai kapanpun dalam bisnis adalah orang yang takut gagal. Kamu bukan tipe orang yang berani mengambil risiko. Sukanya bermain aman, sedangkan bisnis penuh dengan risiko.

Bagaimana mungkin sebuah bisnis dapat sukses tanpa gagal di awal? Bahkan pengusaha yang sudah terbukti sukses dan kini menjadi konglomerat, pernah gagal atau jatuh bangun berkali-kali. Dihina dan di-bully, serta penolakan menjadi makanan sehari-hari.

Kegagalan adalah hal wajar dalam bisnis. Dari kegagalan, kamu bisa belajar dan memperbaiki bisnis, sehingga tidak jatuh di lubang yang sama untuk kedua kali.

Jika kamu tidak menyerah, dan senantiasa melakukan evaluasi serta perbaikan, bisnis kamu akan berkembang pesat. Kesuksesan pun akan kamu rengkuh.

4. Takut rugi

Setiap pengusaha atau menjalankan bisnis, pasti ingin untung. Tetapi sama seperti investasi, bisnis juga ada risiko kerugian. Apakah itu besar pasak daripada tiang, omzet turun tajam, dibohongin klien, piutang tak terbayar, dan sebagainya.

Biasanya dalam memulai bisnis, kamu tidak akan langsung untung. Tanpa pernah rugi, kamu tidak akan belajar bagaimana caranya menekan pengeluaran, memaksimalkan bahan baku agar efisien, lebih selektif dalam memilih partner, dan sebagainya.

Baca Juga: Investasi Properti yang Bisa Bikin Kamu Jadi Sultan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com