Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Harus Jadi Crazy Rich, Kamu Bisa Hidup Berkecukupan dengan Cara Ini

Kompas.com - 01/04/2022, 08:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan marak muncul orang-orang yang mengaku sebagai crazy rich. Mereka muncul di platform medsos dan memamerkan berbagai barang mewah.

Namun di kemudian hari, harta orang-orang yang mengaku sebagai crazy rich itu dipersoalkan karena diduga berasal dari sumber-sumber yang tidak jelas .

Kamu harus tahu bahwa untuk bisa hidup berkecukupan, seseorang tidak perlu menjadi crazy rich. Selain menjalankan bisnis dengan tekun, kamu juga bisa menjadi orang yang berkecukupan karena memiliki pengetahuan finansial.

Baca juga: Cari Tambahan Penghasilan? Ini Bisnis yang Menjanjikan saat Ramadhan

Executive Vice President, Wealth Management Head OCBC NISP Juky Mariska menuturkan, literasi keuangan membuat setiap orang memiliki pengetahuan terkait keuangan.

 

Lantas, apa saja yang membuat literasi keuangan menjadi penting? Berikut penjelasan dari Juki Mariska:

1. Mampu Mengelola Keuangan Secara Teratur

Dengan memiliki informasi dan wawasan, hal ini akan membuat kamu mampu mengatur keuangan dengan baik. Dengan literasi keuangan, alokasi finansial dapat terdistribusi secara lebih bijak dan terencana sehingga tercipta kondisi keuangan yang sehat dan seimbang.

2. Mengurangi Risiko Menjadi Korban Penipuan

Literasi keuangan membuat kamu memiliki banyak pengetahuan terkait keuangan. Pengetahuan ini akan membantu kamu menyeleksi produk/layanan finansial asli dan mana yang penipuan.

3. Mempunyai Kesejahteraan Hidup

Dalam jangka panjang, literasi keuangan akan membantu kamu mencapai kesejahteraan dan ketentraman hidup.

Di fase-fase awal mempelajari literasi keuangan, kamu mungkin harus meluangkan waktu untuk mempraktikkan ilmunya. Akan tetapi, kesusahan ini akan terbayarkan dengan kondisi finansial lebih baik.

Baca juga: Jangan Salah Pilih! Ini 5 Sumber Modal untuk Bisnis di Bulan Ramadhan

Untuk itu, ada sejumlah tips yang bisa kamu coba agar pemahaman kamu mengenai finansial bisa lebih baik. Adapun tips tersebut yaitu:

1. Pelajari Hal-Hal Berkaitan Dunia Keuangan

Tips pertama mewujudkan melek finansial adalah dengan mempelajari hal-hal berkaitan dunia finansial. Kamu tidak perlu mengambil kuliah di jurusan keuangan guna mempelajari hal ini. Cukup rajin-rajin mempelajarinya melalui buku, materi digital, atau berita terkait keuangan.

2. Biasakan Merencanakan Keuangan Tiap Bulan

Tips berikutnya untuk mewujudkan melek finansial adalah dengan membiasakan diri merencanakan keuangan tiap bulan. Perencanaan keuangan ini akan membantu kamu lebih hati-hati dan disiplin saat membuat pengeluaran.

Selain itu, saat melakukan perencanaan keuangan kamu juga dapat membuat alokasi seimbang untuk kebutuhan sehari-hari, keinginan, dan tabungan.

3. Ingat Target yang Ingin Dicapai

Setiap orang memiliki target-target di masa depan, dan sebagian target ini membutuhkan dana untuk realisasi. Dengan mengingat target-target tersebut, kamu dapat menahan keinginan menghambur-hamburkan uang.

Sebaliknya, kamu justru akan bersemangat mempelajari bagaimana memanfaatkan uang dengan lebih baik dan mengembangkannya agar jumlahnya bertambah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com