Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM NTT Berpeluang jadi Eksportir Kopi

Kompas.com - 27/05/2022, 07:30 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Kopi bisa menjadi komoditas ekspor unggulan bagi UMKM yang ada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), lantaran daerah ini menjadi penghasil sejumlah varian kopi, baik arabika maupun robusta.

Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai, Kantor Wilayah DJBC Bali, NTB, NTT, Saut Mulia menuturkan, sejauh ini produk komoditad unggulan berupa kopi dalam bentuk green bean jenis arabika dan robusta.

"Dukungan bagi UMKM agar memiliki peluang ekspor kami lakukan seperti melalui kegiatan asistensi ke CV Manggarai Flores Coffe yang memproduksi Kopi Flores," kata dia sebagaimana dikutip dari Antara, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Gubuk Kopi Borobudur, Tempat Ngopi Pakai Gula Jawa dan Beli Oleh-Oleh

Produk UMKM tersebut, kata dia memiliki potensi besar untuk diekspor ke luar negeri sehingga pihaknya berupaya memberikan penguatan melalui asistensi berupa pengenalan tentang ekspor.

"Melalui Kantor Bea Cukai Labuan Bajo, kami juga menyampaikan kesiapan untuk memberikan asistensi guna mewujudkan kegiatan ekspor produk kopi tersebut," katanya.

Saut Mulia mengatakan selain komoditi Kopi Flores, pihaknya juga terus mendorong berbagai komoditi UMKM lain melalui unit kerja Bea dan Cukai di Kota Kupang maupun Atambua.

Ia mencontohkan seperti asistensi kepada UMKM yang memproduksi ikan hias yang berpeluang untuk dipasarkan di Timor Leste.

"Kami secara progresif bekerja sama dengan instansi terkait melakukan asistensi kepada UMKM untuk menguatkan mereka agar memiliki peluang ekspor," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com