Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunitas Bukalapak dan BI Gelar Onboarding Digital UMKM

Kompas.com - 15/08/2022, 09:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas Bukalapak bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi DKI Jakarta menggelar Program Onboarding UMKM Digital dan Pameran Online Jakreatifest 2022.

Pada program yang berlangsung selama lebih dari 30 hari ini, Bukalapak menggelar rangkaian program pemberdayaan UMKM, mulai dari webinar bagi UMKM, hingga fasilitasi onboarding ke marketplace bagi para pelaku UMKM.

Head of Merchant Community & Engagement Bukalapak Ian Agisti menuturkan, semangat gotong-royong dan pemberdayaan adalah salah satu nilai yang dijalankan di Bukalapak.

Baca juga: Tiga Desa Sejahtera Astra Lakukan Ekspor Perdana

"Kami percaya bahwa lewat kolaborasi dengan pihak-pihak yang mengusung visi dan tujuan yang sama, kami bisa menciptakan dampak yang lebih luas bagi perkembangan industri kecil dan menengah di Indonesia," jelas Ian dalam keterangan resminya pekan lalu.

Menurut dia, program ini dilaksanakan agar ke depannya Bukalapak bisa terus membantu para UMKM untuk meningkatkan kapabilitas bisnis melalui digitalisasi.

"Kami senantiasa terbuka untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta, dengan memanfaatkan expertise dan jangkauan ke UMKM dari Bukalapak,” lanjut dia.

Komunitas Bukalapak merupakan wadah bagi para pelapak (online sellers) untuk bertemu dengan sesama pelaku usaha dan berbagi ilmu seputar bisnis online.

Secara rutin, Komunitas Bukalapak mengadakan program pelatihan digital bagi para pelaku usaha, baik di dalam maupun luar ekosistem Bukalapak.

Pelatihan ini diadakan secara mandiri oleh Komunitas Bukalapak maupun melalui kolaborasi dengan berbagai perusahaan, institusi, dan organisasi. Sepanjang tahun 2021, Komunitas Bukalapak telah mengadakan lebih dari 150 kelas pelatihan online bagi para pelaku usaha dan telah berkolaborasi dengan 50 perusahaan.

Baca juga: Pelaku Usaha UMKM Ingin Daftarkan HAKI? Ini Biayanya

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Onny Widjanarko mengatakan, digitalisasi adalah salah satu kunci bagi UMKM untuk bertahan dan bangkit dari masa-masa penuh tantangan seperti pandemi COVID-19.

"Sebagai penggerak utama perekonomian Indonesia, semakin banyak UMKM yang mampu memanfaatkan platform digital untuk mengoptimalkan bisnisnya, semakin cepat langkah kita untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi digital nusantara," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com