Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mudah Dapat Modal untuk Berbisnis

Kompas.com - 27/08/2022, 12:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Memulai sebuah bisnis baru mungkin saja sudah terlintas di benak Anda sejak lama, namun masih terganjal dengan modal.

Kondisi seperti ini seringkali menjadi alasan banyak orang untuk menunda bisnis mereka, meskipun sebenarnya sudah memiliki rencana yang matang.

Di lain sisi, jika Anda menunda untuk memulai bisnis ini, maka Anda tentu akan menunda kesuksesan itu datang.

Modal memang menjadi salah satu komponen penting dalam membangun bisnis, apalagi jika ini baru akan menjadi bisnis pertama bagi Anda. Namun jangan jadikan hal ini sebagai hambatan untuk segera memulai bisnis yang sudah Anda rencanakan.

Meski saat ini belum memiliki modal, Anda tetap bisa mengupayakannya dengan banyak cara. Pastikan Anda memilih cara yang tepat sejak awal, agar rencana bisnis Anda bisa segera direalisasikan.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk mendapatkan modal bisnis yang bisa Anda jadikan pilihan, seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Gunakan dana Jaminan Hari Tua (JHT)

Cara pertama ini akan cocok untuk Anda yang pernah bekerja atau masih aktif bekerja hingga saat ini. Sebagai pekerja, Anda tentu menjadi peserta program JHT yang diberikan oleh pemerintah.

Dalam layanan ini, sejak bekerja Anda telah menabungkan sejumlah dana sebagai persiapan masa pensiun nanti. Iuran JHT pada umumnya dipungut oleh perusahaan secara rutin.

Jumlah saldo JHT Anda tentu akan sangat tergantung pada masa kerja yang sudah Anda habiskan di perusahaan. Jika saat ini Anda masih aktif bekerja, maka Anda bisa mencairkan 10 persen atau 30 persen dari saldo JHT Anda tersebut.

Namun jika saat ini kondisi Anda sudah tidak bekerja, maka Anda bisa mencairkan seluruh saldo Anda. Cairkan saldo JHT Anda dan manfaatkan sebagai modal untuk membangun bisnis.

Adapun syarat yang dibutuhkan untuk mencairkan saldo JHT adalah KTP, KK dan Buku Tabungan.

2. Meminjam modal dari orang-orang terdekat

Cara yang satu ini juga bisa Anda jadikan pertimbangan untuk mendapatkan modal bisnis. Cobalah pinjam modal dari oranng-orang terdekat Anda, seperti, keluarga, teman, sahabat, atau bahkan rekan kerja Anda.

Sampaikan tujuan Anda dengan jelas kepada mereka, sehingga Anda bisa mendapatkan modal bisnis yang Anda perlukan tersebut.

Namun selain meminjam, Anda juga bisa mengajak mereka untuk ikut bergabung dalam bisnis Anda tentunya. Sistemnya bisa dengan cara menanamkan modal dan kelak akan berbagi hasil setelah bisnis tersebut berjalan lancar.

Jangan lupa untuk mengatur perjanjian pembagian hasil dan yang lainnya, agar kelak Anda tidak sampai mengalami masalah karena hal-hal seperti ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com