Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tips Sukses Membangun Bisnis Online Produk K-Pop

Kompas.com - 09/10/2022, 11:27 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah penggemar K-pop terbesar di dunia. Ada banyak sekali K-popers tanah air yang fanatik dan mengikuti apapun perkembangan tentang idola mereka.

Bukan hanya itu saja, mereka juga senang mengoleksi berbagai barang yang berkaitan dengan K-pop itu sendiri. Seorang K-poers bisa saja menghabiskan banyak uang untuk sekedar mengoleksi banyak album, foto, aneka pernak - pernik dan perintilan K-pop lainnya.

Jika melihat tingginya minat orang untuk membeli berbagai koleksi tersebut, maka ini tentu peluang bisnis yang sangat bagus. Kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan dari berjualan berbagai barang K-pop tersebut.

Ini bahkan akan menjadi pilihan bisnis yang tepat, jika ternyata kamu sendiri juga seorang K-popers. Tidak selalu membutuhkan modal yang besar, bisnis ini bisa saja dijalankan dengan modal kecil-kecilan terlebih dulu.

Berikut ini adalah beberapa tips sukses yang bisa diterapkan untuk memulai bisnis online barang K-popers, seperti dilansar Cermati.com:

1. Tentukan Jumlahnya dan Siapkan Modal Bisnis

Hal pertama yang harus kamu siapkan untuk membangun bisnis ini adalah modal. Modal sangat berkaitan dengan skala dan bagaimana bisnis tersebut akan dijalankan nantinya.

Tentukan jumlah modal dan sesuaikan dengan kondisi keuangan, agar bisnis ini bisa berjalan dengan lancar ke depannya.

Jika hanya memiliki modal terbatas, menjalankan bisnis dengan menjadi reseller atau dropshipper tentu bisa menjadi pertimbangan. Manfaatkan juga aplikasi pembayaran dan yang lainnya, agar pekerjaan bisa menjadi lebih mudah dan tertata.

2. Belajar dari Setiap Masalah yang Datang

Bisnis akan selalu memiliki tantangan, baik itu yang kecil maupun yang besar sekaligus. Namun semua itu adalah proses dan setiap bisnis pasti mengalaminya. Biasakan untuk selalu menikmati setiap proses dalam membangun bisnis ini dengan tenang dan jangan mudah menyerah.

Belajarlah dari setiap masalah yang ada, lakukan analisa dan cari cara penyelesaiannya dengan baik. Hal seperti ini akan memberi dampak positif dalam perkembangan bisnis, di mana bisnis tersebut akan semakin baik ke depannya. Jangan lupa untuk selalu bijak dalam menerima kritik, terutama kritik yang membangun.

3. Pahami dan Kelompokkan Target Pasar

Barang K-pop itu jenisnya sangat banyak, harganya juga tentu saja sangat beragam. Tidak perlu menyediakan semua jenis barang sekaligus, terutama di awal-awal bisnis. Cobalah untuk menjual barang tertentu saja yang sesuai dengan target pasar, misalnya album dan foto.

Jika produk tersebut laku, maka tetaplah konsisten untuk menjualnya dan menambah beberapa produk lainnya. Namun jika ternyata produk tersebut kurang laku, maka cek kembali target pasar dan jual produk lain yang lebih sesuai.

4. Tingkatkan Pelayanan Secara Konsisten

Kualitas pelayanan selalu menjadi poin penting bagi pelanggan, jadi kamu tidak bisa mengabaikan hal yang satu ini. Hampir semua pelanggan menginginkan pelayanan maksimal, di mana mereka bisa bertanya dan membeli sesuatu dengan nyaman.

Biasakan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan. Jangan lupa untuk memperbaiki pelayanan bisnis ini secara konsisten, agar pelanggan lebih loyal dan bisa jadi pelanggan tetap.

5. Jalankan Bisnis dengan Jujur

Kejujuran juga menjadi salah satu kunci sukses dalam membangun bisnis. Jangan pernah membohongi pelanggan dalam hal apapun, terutama yang berkaitan dengan kualitas produk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com