Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gojek Gelar Bincang Bizniz untuk Tingkatkan Literasi Digital Pelaku UMKM

Kompas.com - 01/11/2022, 08:08 WIB
Gabriela Angelica,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gojek menggelar program edukasi baru, Kelas Bincang Biznis adalah untuk mendukung ketahanan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kuliner di Solo Jawa Tengah dalam menghadapi tantangan pandemi COVID-19.

Group Head of Merchant Marketing Gojek dan GoTo Financial, Bayu Ramadhan menyampaikan bahwa mereka menyadari perlunya peningkatan literasi digital untuk mewujudkan transformasi digital pada UMKM.

“Oleh karena itu, pada kelas Bincang Biznis di Solo ini, para pelaku UMKM kuliner tidak hanya mendapat pelatihan seputar topik bisnis yang menarik dan relevan, namun juga mengenal lebih jauh GoBiz sebagai satu aplikasi digital yang memudahkan operasional bisnis UMKM dengan beragam solusi bisnis online yang mampu menjangkau jutaan pengguna Gojek dan Tokopedia," ujar Bayu yang dikutip lewat siaran resminya, Senin (31/10/2022).

Baca juga: Visa Menggelar Lokakarya Literasi Keuangan untuk 500 UMKM Perempuan

Pada edisi kali ini, Bincang Biznis mengangkat tema "‘Kiat Atur Harga dan Keuangan agar Bisnis Laris Manis" dan diselenggarakan sejalan dengan komitmen untuk meningkatkan literasi keuangan UMKM selama Bulan Inklusi Keuangan.

Tema yang diangkat tersebut bertujuan mempersiapkan para pelaku UMKM kuliner menghadapi prediksi kenaikan harga bahan baku.

Sesi kelas diisi oleh para pembicara yang terdiri dari perwakilan perencana keuangan Finansialku.com, fotografer kuliner, dan pemilik usaha Keprabon Grup.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, dan Perindustrian Kota Surakarta, Wahyu Kristina yang ikut membuka acara menyampaikan pentingnya para pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi.

Baca juga: Keuntungan dan Manfaat Gunakan Ekosistem Digital Versi CEO Parfum HMNS

“Pengusaha UMKM kuliner harus mampu memanfaatkan teknologi yang ada. Pemasaran digital dan keuangan digital menjadi hal yang wajib digunakan pelaku usaha saat ini," tutur Wahyu.

Wahyu juga berharap lewat kegiatan Bincang Biznis kali ini dapat menambah pengetahuan para pengusaha kuliner dan bisa mendukung perkembangan usaha mereka.

Selain di Solo, Kelas Bincang Bizniz juga akan digelar di kota Bandung dan Jakarta pada waktu mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com