Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Visa Menggelar Lokakarya Literasi Keuangan untuk 500 UMKM Perempuan

Kompas.com - 31/10/2022, 19:16 WIB
Putri Sophia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Visa Worldwide Indonesia menggelar lokakarya literasi keuangan untuk membantu 500 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) perempuan di wilayah Badung dan Denpasar Bali, Sabtu, (29/10/2022).

Melalui kampanye #IbuBerbagiBijak 2022, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan keuangan serta mendorong pelaku UMKM agar berorientasi ekspor.

Presiden Direktur, PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman menjelaskan, pelatihan ini digelar sejalan dengan fokus pemerintahuntuk mengoptimalkan momentum Presidensi G20.

Baca juga: Upaya Togato Coffee Angkat Cita Rasa Kopi Khas Siborongborong

"Momentum ini untuk mendorong peran strategis perempuan dalam pertumbuhan UMKM di Indonesia dan membantu mereka go global,” tuturnya, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (31/10/2022).

Program ini mengusung konsep “train the trainers” di mana peserta program berkesempatan untuk saling berbagi pengetahuan dan keterampilan.

Di akhir program, Visa menyelenggarakan hybrid expo and sesi business matching. Para pelaku UMKM yang siap ekspor pun akan terhubung dengan mitra bisnis terkait untuk menjangkau pasar global.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Badung, I Nyoman Giri Prasta turut mengapresiasi kampanye ini.

“Kolaborasi lintas sektor diperlukan untuk membantu mempercepat pemulihan ekonomi di Bali. Program #IbuBerbagiBijak mewujudkan kolaborasi tersebut sehingga kita dapat lebih memaksimalkan potensi UMKM lokal,” jelasnya.

Baca juga: 6 Tips Mewujudkan Komunikasi Efektif Bersama Tim Kerja

Program lokakarya bagian dari kampanye Visa #IbuBerbagiBijak 2022 ini sejalan dengan tujuan inklusi keuangan dalam Presidensi G20 Indonesia.

Diharapkan, nantinya program ini dapat berkontribusi meningkatkan produktivitas dan daya saing UMKM, melalui peningkatan keterampilan digital dan keuangan para pelaku UMKM agar dapat tumbuh secara berkelanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com