Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin SUkses Berbisnis Studio Musik? Simak 10 Tips Ini

Kompas.com - 03/01/2023, 13:55 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Banyaknya konser musik yang mulai marak kembali belakangan ini menjadi angin segar bagi banyak pelaku usaha. Mulai dari event organizer, fotografer, pedagang, penyewaan panggung dan sound system, atau bahkan studio musik.

Perlu diketahui bahwa bisnis penyewaan studio musik merupakan ide bisnis yang menjanjikan, lho. Pasalnya, studio musik dibutuhkan untuk latihan sebelum tampil di konser musik. Apalagi banyak musisi lokal yang belum mempunyai studio musik pribadi, sehingga hal ini bisa menjadi peluang usaha yang patut dicoba.

Perlu diingat bahwa meskipun menjanjikan, penyewaan studio musik merupakan ladang bisnis yang tetap berisiko. Untuk itu, dilansir dari Cermati.com, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar risko yang yang ditimbulkan bisa diminimalisir, simak berikut ini :

1. Modal

Modal merupakan hal pertama yang harus disiapkan sebelum memulai usaha. Modal diperlukan untuk membeli bermacam alat musik yang akan disewakan. Semakin lengkap alat yang disediakan, semakin besar pula modal yang diperlukan.

Anda bisa memanfaatkan ruangan yang ada di rumah jika ingin menghemat modal. Namun, jika memang harus menyewa atau membeli gedung untuk studio musik, tentunya Anda harus menyiapkan modal ekstra. Jadi, sebelum memulai usaha ini, perlu rasanya mempertimbangkan modal agar tak dirasa memberatkan.

2. Target Pasar

Menentukan target pasar merupakan hal yang penting dalam menjalankan usaha rental studio musik. Pasalnya, dengan menentukan target pasar, dapat memudahkan Anda dalam mengambil keputusan untuk aspek lain. Anda bisa menargetkan kalangan menengah ke bawah atau mungkin kalangan menengah ke atas sebagai penyewa.

Jika target pasar sudah ditentukan, maka akan lebih mudah untuk menyediakan fasilitas yang diperlukan. Semakin lengkap fasilitas yang disediakan, maka akan sebanding dengan harga sewa yang ditetapkan.

3. Lokasi Studio

Lokasi studio bisa menentukan minat pelanggan untuk datang ke studio musik Anda. Pastikan lokasi studio strategis dan mudah dijangkau agar memudahkan penyewa.

Anda bisa menyesuaikan lokasi studio sesuai target pasar. Misalnya, jika target pasar adalah pelajar atau mahasiswa, pilihlah lokasi studio yang dekat dengan sekolah atau kampus.

4. Tarif Rental Studio

Untuk menentukan tarif sewa, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu. Bisa dengan mendatangi beberapa studio musik yang memiliki target pasar seperti studio milik Anda. Dengan begitu penetapan tarif untuk studio musik akan lebih mudah. Sesuaikan pula dengan fasilitas yang diberikan agar mendapatkan benefit yang sepadan.

Tentunya, jangan mematok harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Karena hal itu bisa menjadi bumerang untuk usaha studio musik ke depannya.

5. Spesifikasi Alat

Ada banyak pilihan alat yang dapat digunakan pada studio musik. Umumnya, spesifikasi alat terbagi dalam 3 kategori, antara lain alat musik lokal, build up (original), atau berlisensi. Kisaran harganya pun beragam, sesuai kategorinya.

Untuk harga alat musik lokal ada di kisaran harga Rp25 - Rp35 juta, sedangkan kisaran harga alat musik build up kurang lebih di angka Rp75 juta dan untuk alat musik berlisensi bisa sampai 400 Juta.

Spesifikasi alat yang Anda pilih harus sesuai dengan budget yang dimiliki. Jangan hanya karena gengsi, pemilihan alat melebihi budget. Hal ini bisa membuat usaha studio musik Anda tidak bertahan dalam waktu yang lama.

6. Luas Ruangan

Perlu diketahui bahwa luas ruangan bisa menentukan kualitas bunyi yang dihasilkan dari alat musik. Luas ruangan yang kurang mengakibatkan gelombang yang dihasilkan oleh alat musik terpantul kurang sempurna, sehingga membuat bunyi yang dihasilkan kurang enak didengar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com