Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Ide Bisnis Desain Grafis yang Berpotensi Cuan

Kompas.com - 12/01/2023, 09:03 WIB
Gabriela Angelica,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika kamu memiliki hobi desain atau berkecimpung di dunia desain grafis, mungkin ini saatnya memanfaatkan hal tersebut untuk mendapatkan pemasukan tambahan.

Bagi kamu yang senang membuat desain-desain menarik, cobalah untuk mulai berbisnis desain grafis. Kamu bisa membuka usaha desain sederhana dan menarik, untuk memenuhi kebutuhan kosumen.

Melansir beberapa sumber, berikut tiga ide bisnis desain grafis yang sedang tren dan bisa dicoba.

Baca juga: Bangkitkan Ekonomi Kreatif, 80 Desainer Pamerkan Karya di Kota Malang

1. Jasa Desain PowerPoint Presentasi

Sekilas mungkin tampak sepele, tapi usaha ini sangat menjanjikan. Bayangkan, modal yang dikeluarkan terhitung tidak banyak, bahkan tidak ada. Hanya dengan software yang biasa kamu gunakan, bisnis ini bisa berjalan.

Kamu bisa menawarkan keahlian desain grafis untuk membuat presentasi seeorang lebih menarik. Target pasarnya pun sangat beragam, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, hingga pekerja kantoran.

2. Usaha Desain Kaos dan Tote Bag

Kamu hanya perlu membeli kaos polos dan tote bag polos, kemudian jadikan itu sebagai medium untuk berkarya. Sediakan produk dengan desain sesuai ciri khas brand atau terapkan sistem custom sesuai keinginan konsumen.

Bisnis ini tidak perlu modal besar untuk memulainya. Jika masih baru merintis, kamu bisa membeli kaos atau tas sesuai jumlah orderan atau permintaan.

Tren bisnis ini sedang berkembang. Jika percaya diri dengan karya-karya desain grafis buatan kamu, pasti akan membentuk target pasar sendiri.

3. Bisnis Casing Ponsel

Saat ini, casing ponsel jadi barang yang trendy di kalangan anak muda hingga dewasa. Dengan membuat desain casing yang lucu dan kreatif, kamu bisa meraih cuan yang menjanjikan.

Ikuti perkembangan tren yang ada di kalangan target pasar dan jadikan inspirasi untuk mendesain. Kamu dapat bekerja sama dengan vendor casing dengan bahan yang proper, tapi tetap murah sehingga bisa menjual final product dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: Pensil Bersejarah Wadahi Penulis dan Desainer Kota Metro Lampung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com