Bangkitkan Ekonomi Kreatif, 80 Desainer Pamerkan Karya di Kota Malang

Kompas.com - 02/06/2022, 08:00 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 selama kurun waktu tahun 2020 dan 2021 sempat membuat dunia fashion show tiarap. Padahal, satu karya busana bisa melibatkan banyak pelaku usaha, tidak hanya desainer itu sendiri, melainkan juga para penjahit, pengrajin kain dan lainnya.

Oleh sebab itu, JP Kelly Manni Entertainment akan mengumpulkan sebanyak 80 desainer fashion di Kota Malang, Jawa Timur. Para desainer berasal dari seluruh provinsi di Indonesia.

Mereka tampil dalam kegiatan Kelly Manni Runaway di Mall Dinoyo City Malang pada 1-5 Juni 2022.

Baca juga: Cara Menjadi Mitra Binaan Program Pendanaan UMK Pertamina

Penanggung jawab acara, Kelly Manni mengatakan acara tersebut bagian dari acara ajang Puteri Heritage Indonesia 2022.

Kegiatan itu bertujuan untuk membantu membangkitkan kembali geliat ekonomi kreatif Indonesia pasca pandemi Covid-19 menuju kondisi endemi.

"Akan melibatkan sekitar 150 model yang memperagakan busana dari para desainer, karena setiap desainer ada yang membawa dua dan empat busana," kata Kelly saat diwawancarai usai kegiatan di Rayz UMM Hotel pada Selasa (31/5/2022).

Menurutnya dunia fashion show juga berpengaruh terhadap sektor ekonomi. Hal itu karena setiap karya busana bisa melibatkan orang-orang yang menggantungkan hidupnya seperti menjadi pembatik, penenun, penjahit dan lainnya.

Para desainer juga akan menampilkan karya busana berciri khas dari daerahnya masing-masing, contohnya seperti dari bahan kain tenun dari Nusa Tenggara Timur. Kemudian ada desainer yang menampilkan karya dari kain batik teknik sibori dan lain sebagainya.

Lebih lanjut, tema Heritage dipilih karena ingin memperkenalkan kembali warisan budaya Indonesia kepada para pemuda.

Menurutnya perkembangan teknologi yang ada memiliki dampak kekurangan para pemuda untuk mencintai negeri sendiri. Hal itu membuat para pemuda cenderung meniru perilaku budaya kontemporer sehingga melupakan budaya asli Indonesia.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.