Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Visa Gandeng Kadin Tingkatkan Literasi Keuangan bagi UMKM Indonesia

Kompas.com - 01/02/2023, 11:30 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan penyedia jasa pembayaran, Visa, menandatangani nota kesepahaman dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk peningkatan literasi keuangan dan bisnis digital bagi UMKM di Indonesia.

Dalam perjanjian ini, Visa akan membagikan modul edukasi keuangan ‘Practical Money Skills’ kepada UMKM binaan Kadin di seluruh Indonesia. Visa juga akan terlibat dalam berbagai program keterampilan keuangan digital yang akan dilaksanakan oleh Kadin beserta mitra lain-lainnya.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, saat ini semua pihak telah masuk dalam era digital.

Baca juga: Ketahui 5 Hal Penting Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha ke Bank

"Kami melihat pentingnya upaya meningkatkan keterampilan keuangan digital bagi UMKM yang memiliki peran besar dalam pemulihan ekonomi Indonesia. Saya menyambut baik dukungan Visa dalam upaya digitalisasi UMKM," ujarnya dalam keterangan resmi, pekan ini.

Menurut Arsjad, keahlian dan pengalaman Visa sebagai jaringan pembayaran digital global akan melengkapi Kadin dalam upaya meningkatkan literasi keuangan serta digital di Indonesia.

Melalui program Wiki Wirausaha sebagai wadah informasi digital untuk UMKM, Kadin bersama para mitra perusahaan berharap dapat mendukung UMKM untuk naik kelas.

Baca juga: 10 Kunci jadi Pengusaha Sukses dengan Modal yang Kecil

Sementara itu, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman, mengatakan, pihaknya akan berkomitmen untuk terus membantu meningkatan kemampuan pengelolaan keuangan bagi UMKM yang selama ini menjadi salah satu penopang ekonomi di Indonesia.

"Sebuah kehormatan bagi kami dapat mendukung Kadin, dengan berbagi best practice global dalam bentuk pengelolaan keuangan serta bisnis yang telah teruji di berbagi belahan dunia, untuk membantu UMKM di Indonesia agar bisa memahami dan menerapkan dasar-dasar pengelolaan keuangan yang baik,” jelas Riko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com