Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Berbisnis Oleh-Oleh Khas Daerah? Perhatikan 6 Tips Ini

Kompas.com - 31/01/2023, 16:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Saat ini, ada banyak sekali model bisnis yang menarik untuk dilakoni. Salah satu contohnya adalah bisnis oleh-oleh yang memiliki ciri khas suatu daerah tertentu.

Pada dasarnya, jenis usaha seperti ini telah cukup banyak dijalani oleh sejumlah orang, khususnya dari kalangan artis dalam negeri.

Ambil saja contoh brand selebriti di Malang Strudel milik Teuku Wisnu, Jogja Scrummy milik Dude Herlino, hingga Medan Napoleon yang dikelola oleh Irwansyah.

Meski sudah ada cukup banyak merek bisnis dengan model oleh-oleh khas daerah, tapi tak berarti peluang bisnis di sektor tersebut tak menjanjikan.

Hal terpenting, Anda mengetahui strategi menjalani bisnis tersebut dengan tepat agar mempunyai daya tariknya tersendiri di mata konsumen. Lantas, apa saja tips yang bisa diaplikasikan untuk sukses menjalani ide usaha buah tangan khas daerah ini?

Untuk lebih jelasnya, simak 6 tipsnya berikut ini seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Fokus dengan Ciri Khas dan Keunikan Daerah

Yang namanya membuka usaha oleh-oleh khas daerah, Anda wajib berfokus dengan ciri khas atau keunikan yang dimiliki oleh daerah yang bersangkutan.

Sebagai contoh, pada bisnis Malang Strudel, Teuku Wisnu mempunyai ciri khas yakni Apel yang memang telah dikenal luas sebagai ciri khas dari kota Malang dan kota Batu.

Karenanya, cobalah untuk mempelajari jenis kuliner seperti apa yang menjadi ciri khas sebuah daerah yang akan dituju sebelum memutuskan untuk membuka model bisnis ini. Pasalnya, ciri khas tersebut yang akan menjadi daya tarik utama dari produk yang dijajakan pada bisnis dan memegang pengaruh signifikan terhadap potensi penjualannya.

2. Tambah Sentuhan Modern pada Produk

Walaupun mengedepankan unsur khas sebuah daerah, tapi tak berarti jika dalam bisnis tersebut Anda mengabaikan sentuhan modern di dalamnya. Kombinasi unsur tradisional dan modern bisa menjadi hal yang menarik untuk membuat bisnis oleh-oleh lebih dikenal oleh masyarakat.

Tidak harus rumit, sentuhan modern pada bisnis bisa berupa membuat packaging yang menarik dengan model kekinian. Selain itu, Anda juga bisa menciptakan inovasi baru pada produk yang dijajakan pada bisnis untuk menambah daya jualnya.

Meski begitu, pahami jika anggaran untuk melakukan inovasi dan sentuhan modern ini bisa jadi cukup besar. Sehingga, pastikan modal yang dimiliki mencukupi agar tak berisiko menghambat pertumbuhan bisnis dan membuat arus kas menjadi terganggu.

3. Gandeng Layanan Perjalanan Lokal

Salah satu strategi agar mampu mensukseskan bisnis oleh-oleh daerah adalah dengan menjalin kerja sama dengan pihak tour travel atau jasa perjalanan lokal.

Mengapa hal ini penting untuk dilakukan? Sebab jasa perjalanan lokal ini memiliki peran cukup besar sebagai pihak yang mengarahkan para wisatawan agar berkunjung ke lokasi bisnis Anda dan membeli buah tangan.

Agar potensi kerja sama lebih mungkin dilakukan, berikan penawaran menarik dengan pihak penyedia layanan tour travel. Beberapa contohnya adalah memberikan diskon khusus, atau membagikan sebagian kecil keuntungan pada mereka.

Baca juga: Ini 5 Tips Bikin Usaha Kuliner Daerah Jadi Sukses

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com