Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Kunci Sukses yang Harus Dimiliki Seorang Pengusaha

Kompas.com - 02/02/2023, 20:34 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Tidak ada jalan pintas untuk menjadi pengusaha sukses. Umumnya dibutuhkan pengalaman dan perjalanan panjang untuk mencapai kesuksesan.

Namun demikian, ada tiga kunci yang bisa mengantarkan pengusaha pada kesuksesan, yakni tanggung jawab, pola pikir, dan passion.

1. Tanggung jawab

Untuk meraih kesuksesan, seorang pengusaha harus siap membuat keputusan dalam bisnis yang dijalani dan berani mempertanggungjawabkannya.

Ada kalanya sebagai manusia, kita menyalahkan kondisi atau orang lain atas kegagalan yang kita hadapi.

Padahal, sebagai seorang pengusaha, hanya ada satu orang yang bisa bertanggung jawab atas setiap keputusan atau jalan yang Anda pilih, yaitu diri Anda sendiri.

Baca juga: 10 Kunci jadi Pengusaha Sukses dengan Modal yang Kecil

2. Pola pikir positif

Kebanyakan pengusaha berpikir, dirinya dalam sebuah ‘perjalanan’, sehingga ia akan melakukan banyak hal untuk sampai di ‘tujuan’.

Apalagi, jika ini adalah ‘perjalanan’ pertamanya, bisa jadi ia akan mengerjakan segalanya sendiri, karena belum bisa memercayai orang lain.

Hal inilah yang membuat pengusaha terlalu sibuk dan selanjutnya menyebabkan burn out.

Oleh sebab itu, penting untuk membangun tim yang bisa membantu Anda berjalan bersama mencapai tujuan.

Sebagian besar pengusaha sukses dapat mendelegasikan tugas pada timnya – mereka menyadari bahwa mereka perlu menyerahkan elemen operasional bisnis, sehingga mereka dapat fokus pada strategi dan pertumbuhan.

Orang-orang dengan pola pikir positif mampu mencapai hal-hal menakjubkan. Karena itu, jangan menuntut pola pikir positif dari karyawan, tapi pola pikir positif harus dating dari diri Anda juga.

3. Menemukan passion

Jika Anda harus menjawab tiga pertanyaan standar, seperti Siapa nama Anda? Dari mana Anda berasal? Apa yang Anda kerjakan? Apakah Anda merasa nyaman menjawab nama Anda, dari mana asal Anda, dan apa pekerjaan Anda?

Apakah Anda bangga dengan apa yang Anda lakukan dan apa yang telah Anda capai? Atau apakah Anda menghindari menjawab, karena merasa terjebak dalam pekerjaan yang biasa-biasa saja, yang tak bisa dibanggakan?

Passion adalah bahan bakar yang mendorong kita untuk terbang meraih pencapaian atau kesuksesan yang signifikan. Karena passion membuat kita mencintai apa yang kita kerjakan.

Umumnya, pemimpin dan inovator di setiap industri memiliki satu kesamaan, yaitu mereka mencintai apa yang mereka lakukan.

Nah, jika Anda serius ingin mengembangkan usaha atau bisnis Anda, mulailah menemukan passion dan cara untuk menggelutinya melalui bisnis Anda. Ini akan meningkatkan kepercayaan diri dan membuat Anda melakukan yang terbaik untuk membuatnya sukses.

Baca juga: 3 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Pengusaha Fashion Lokal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com