Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Sukses Bisnis Promotor Musik? Perhatikan 3 Tips

Kompas.com - 13/02/2023, 15:01 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah hampir 3 tahun aktivitas sosial dibatasi akibat pandemi, lambat laun kini kondisi masyarakat sudah mulai kembali normal seperti sedia kala. Bahkan, banyak kegiatan di luar ruang dengan kerumunan orang saat ini sudah mulai dihelat.

Salah satu contohnya adalah jadwal konser musik yang mulai ramai digaungkan beberapa promotor.

Tidak hanya artis dalam negeri, konser musik dengan suguhan utama musisi kelas dunia juga cukup banyak dipromosikan oleh sejumlah pihak. Karenanya, tentu tak mengherankan jika bisnis promotor musik saat ini tengah kebanjiran pesanan.

Ya, terselenggaranya konser musik tak lepas dari peran dari jasa promotor musik tersebut agar bisa diketahui oleh khalayak luas.

Tentunya, bisnis promotor musik ini cukup menarik untuk dilakoni, khususnya bagi Anda yang memiliki kegemaran dengan dunia musik ataupun industrinya. Anda bisa mulai mempelajari dari tanggung jawab sebagai promotor musik yang menyiapkan lokasi, artis, akomodasi dan sebagainya, sebelum terjun langsung ke industrinya.

Nah, simak tips dalam menjalankan promotor musik dan tips menjalankannya hingga sukses berikut ini seperti dilansir dari Cermati.com:

1. Terjun Langsung Sebagai Panitia

Menekuni bisnis promotor musik mengharuskan Anda untuk terjun langsung menjadi panitia dan tak akan bisa dilakukan hanya berlandaskan teori belaka. Dalam kata lain, semakin banyak pengalaman menggelar promosi musik, kemampuan dalam menjalani bisnis tersebut akan menjadi lebih bagus.

Untuk itu, saat masih belum memiliki pengalaman, coba untuk menggelar acara musik skala kecil terlebih dulu.

Dari pengalaman tersebut, Anda akan lebih memahami bagaimana cara bekerja sebagai tim, membentuk kepanitiaan, mengatasi masalah, hingga mengoptimalkan rencana acara musik. Jadi, saat nanti diberi tanggung jawab menggelar acara musik dengan skala lebih besar, Anda lebih mampu menyukseskannya terlepas dari apapun masalah yang mungkin terjadi.

Baca juga: 7 Bisnis Online yang Cocok untuk Para Kpopers

2. Konsisten dan Pantang Menyerah

Sama halnya dengan menjalani bisnis apa pun, konsistensi dan sikap pantang menyerah wajib dimiliki promotor musik agar mampu berkembang hingga sukses.

Walaupun mungkin menjalani bisnis ini terasa berat di awal, namun dengan niat dan konsistensi yang kuat, semua masalah pasti bisa teratasi. Kalaupun ada kendala yang begitu runyam dan tak bisa diselesaikan, jadikan sebagai bahan evaluasi agar situasi yang sama tak kembali terjadi.

3. Selalu Bersikap Profesional

Tips yang terakhir, selalu bersikap profesional saat menjalani bisnis promotor musik ini. Hal ini berlaku pula dalam proses penyusunan rencana acara musik yang akan digelar, menjalin hubungan dengan setiap pihak yang bersangkutan dengan acara tersebut, ataupun bekerja sebagai tim dengan anggota lainnya.

Tidak hanya itu, pastikan untuk memiliki tim dengan kemampuan, cara kerja, dan pengalaman yang tak perlu diragukan lagi. Dengan tim yang berisikan individu profesional pula, bisnis promotor musik ini pasti memiliki peluang lebih besar untuk berjalan lancar dan sukses.

Bila perlu, gandeng promotor musik lain yang lebih berpengalaman untuk meningkatkan kemampuan Anda di sektor bisnis tersebut.

Di samping tips di atas, konsisten dan perbanyak pengalaman ketika menggeluti bisnis tersebut. Dengan begitu, Anda bisa terus mendapatkan pembelajaran baru untuk dijadikan bekal pengalaman menghelat acara musik yang akan dipromosikan selanjutnya.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com