Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Hipnotis Calon Konsumen dengan Kata-kata? Pelajari "Hypnotic Copywriting"

Kompas.com - 03/03/2023, 14:01 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang harus diperhatikan pelaku usaha dalam rangka memasarkan produk kepada calon pembeli adalah penulisan atau copywriting.

Salah satu jenis copywriting yang dapat diterapkan adalah Hypnotic Copywriting. Ini adalah metode penulisan yang bertujuan mendorong konsumen untuk bertindak sesuai dengan tujuan copywriting yang dibuat.

Yosef Adji Baskoro, seorang expert digital marketing bersama Ninja Xpress menuturkan, hypnotic copywriting fokus kepada permasalahan yang dihadapi oleh calon pelanggan dan membawanya ke kondisi hipnosis.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Tak Halangi Yudhistira Hartanto Merintis Usaha Dean Hart's Bbq

Oleh karena itu, Hypnotic copywriting dapat membantu untuk mempengaruhi perilaku ataupun proses pengambilan keputusan dari konsumen.

Untuk itu, Yosef Adji Baskoro membagikan sejumlah tips tentang tata cara menerapkan teknik hypnotic copywriting sebagaimana dikutip dari Ninja Xpress, Jumat (3 Maret 2023):

Libatkan Imajinasi dan Indera Pembaca

Dalam penulisan konten pemasaran, upayakan tulisan yang dibuat dapat membangkitkan imajinasi pembaca.

Seperti dalam ilmu self-hipnosis, di mana ada proses membayangkan diri berada dalam tempat yang nyaman dan melibatkan seluruh indra sebelum pada akhirnya memberi sugesti alam bawah sadar.

Dengan melibatkan imajinasi dan indera pembaca, hal itu akan membantu pembaca membayangkan diri mereka, serta produk yang Anda pasarkan menjadi solusi dari apa yang mereka dibutuhkan.

Gunakan Teknik “Klaim, Bukti, Keuntungan”

Teknik ini dapat digunakan untuk menjawab permasalahan maupun keresahan dalam tulisan. Anda dapat memulainya dari menyebutkan keresahan yang mungkin dihadapi. Kemudian melakukan klaim bahwa kendala tersebut dapat teratasi.

Setelah klaim, berikan bukti bahwa yang Anda katakan adalah benar. Setelah itu ditutup dengan keuntungan yang akan didapat jika konsumen menggunakan produk maupun jasa yang ditawarkan.

Perkaya Kosa Kata

Semua teknik copywriting termasuk hypnotic copywriting dapat berhasil ketika penulis memiliki kosa kata yang beragam. Hal ini dapat dilatih dengan membaca berbagai produk tulisan baik itu artikel, berita, novel, cerita dan tulisan lainnya.

Untuk memberikan gambaran mengenai tulisan yang menghipnotis, tulisan yang Anda siapkan dapat menggunakan sudut pandang orang pertama, maupun sudut pandang orang ketiga.

Tarik Perhatian dengan Headline yang Menarik

Penulisan headline merupakan aspek penting dalam hypnotic copywriting. Pemilihan headline yang menarik, akan menentukan keputusan calon pelanggan Anda untuk menyelesaikan membaca informasi yang disajikan.

Penulisan dengan teknik hypnotic writing ini dapat Anda terapkan untuk memasarkan produk Anda.

Hal ini dapat digunakan untuk menarik perhatian calon pelanggan, juga meyakinkan bahwa produk yang Anda pasarkan adalah produk yang dibutuhkan.

Baca juga: Mahasiswa Ini Raup Cuan dari Bisnis Mainan Slime

 

Visualisasi

Selain menggunakan teknik Hypnotic writing, visualisasi yang bagus dan menarik untuk produk Anda juga diperlukan.

"Ninja Xpress memiliki layanan Creative Business Solution, yaitu layanan foto dan video produk yang dapat digunakan oleh UKM secara gratis," ujar Yosef.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com