Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Beri Edukasi Keuangan untuk UMKM Ciamis

Kompas.com - 17/03/2023, 17:10 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong pemberdayaan perempuan pelaku UMKM melalui kegiatan edukasi keuangan bagi masyarakat khususnya UMKM dan ibu rumah tangga.

Terkait dengan hal itu, OJK menggelar kegiatan edukasi keuangan yang dihadiri ratusan pelaku usaha kecil, dan ibu rumah tangga dari wilayah Kabupaten Ciamis dan sekitarnya.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi dalam mengatakan, edukasi keuangan bagi ibu rumah tangga dan UMKM diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai produk dan jasa keuangan sehingga bermanfaat meningkatkan kesejahteraan.

Baca juga: 3 Langkah Mengantisipasi Penipuan Buyer Luar Negeri

“Perempuan adalah kelompok utama yang harus diperhatikan, karena kalau kita mau sukses program apapun, didiklah ibu-ibunya. Pelaku UMKM itu lebih dari separuhnya perempuan dan UMKM ini menjadi motor penggerak utama ekonomi Indonesia. Hari ini khusus OJK datang ke sini untuk memberikan literasi kepada ibu-ibu,” kata Friderica dalam keterangan resmi, Jumat (17/3/2023).

Friderica meminta masyarakat untuk mau memahami dan memanfaatkan produk-produk jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan ekonominya termasuk untuk berinvestasi.

Namun untuk berinvestasi, Friderica berpesan untuk berhati-hati karena masih maraknya penawaran investasi ilegal yang menyasar kalangan awam terutama ibu-ibu.

Dalam kesempatan tersebut, anggota Komisi XI DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa yang hadir dalam kegiatan itu menyambut baik inisiasi pelaksanaan edukasi keuangan yang diselenggarakan oleh OJK karena dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya pemahaman terkait produk jasa keuangan.

Edukasi Keuangan menjadi penting, kalau kita tidak terampil dan waspada atau hati-hati, masa depan akan jeblok, UMKM akan hancur, ibu rumah tangga akan terlilit investasi dan pinjaman online yang berbahaya bagi kita,” kata Agun.

Baca juga: 5 Strategi Marketing untuk Naikkan Penjualan di Bulan Ramadhan

Salah satu peserta edukasi Lela, pelaku usaha mikro di Ciamis mengapresiasi kegiatan edukasi keuangan yang diselenggarakan OJK karena merasakan manfaat informasi yang disampaikan.

“Sangat hebat acaranya karena kita sebagai perempuan menjadi lebih mengerti mengenai manajemen keuangan. Kita juga jadi tahu fasilitas kredit perbankan untuk UMKM dan kita sebagai UMKM tidak terjerat rentenir dan pinjol. Mudah-mudahan UMKM akan terbuka tentang keuangan. Jadi tidak malu datang ke bank dan tidak akan terjerat jasa keuangan yang ilegal,” kata Lela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com