Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eka Mutia, Merintis Bisnis Mainan Anak Sambil Berdayakan Ibu Rumah Tangga

Kompas.com - 30/03/2023, 10:02 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mainan, barang yang disukai oleh anak-anak ini ada beragam macam dan bentuknya. Manfaatnya pun tak sekadar sebagai hiburan.

Seorang IRT (Ibu Rumah Tangga) 2 anak, Eka Mutia, menjalankan bisnis yang memproduksi mainan anak yang tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan tetapi juga alat edukasi bagi anak-anak.

Eka mengatakan, kegiatan produksinya ini pertama kali dimulai pada Januari 2019 lalu dengan bantuan para pengrajin lokal di Bandar Lampung.

“Kita produksi itu masih di rumah, kan kita ada kerjasama sama pengrajin lokal rumahan, nah jadi itu kita pengerjaannya masih di rumah masing-masing saja sih. Jadi, barang-barang (mainan) kita tuh homemade,” tuturnya.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Rumahan yang Bisa Untung Besar, Patut Dicoba

Saat ini ada sekitar 30 pengrajin lokal rumahan yang membantunya dalam memproduksi mainan.

Di samping itu, ia juga membuka kesempatan bagi masyarakat, khususnya perempuan dan ibu rumah tangga (IRT) untuk membantunya dalam proses pemasaran, yakni dengan open reseller.

“Kita juga memberdayakan IRT untuk bantu pemasaran, karena kan kalau sendiri enggak mungkin juga, jadi kita open recruitment untuk agen dan reseller, kebanyakan sih memang ibu-ibu ya,” tuturnya.

Baca juga: 8 Cara Menjadi Reseller Sukses

“Kemudian aku juga mau mempermudah nih, jadi aku ada program dropshipper, di mana dia kan cukup share foto produk aja di sosial media atau e-commerce, kemudian setelah ada pesanan masuk, baru barang dikirim,” tambahnya.

Bisnis yang diberinya nama Aulian Kreasi Gemilang ini tak hanya didirikan oleh Eka sendiri, tetapi ia juga dibantu oleh beberapa teman-teman lainnya.

“Di sini aku enggak sendiri, ada teman lain yang membantu, baik itu untuk desainnya, cara mengomunikasikan produknya, atau lainnya. Nah beberapa temanku ini memang kebetulan juga IRT semuanya.” jelasnya.

Baca juga: 3 Tips Merintis Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Berbagai Macam Produk Mainan Anak Aulian Kreasi Gemilang Milik Eka MutiaDok. Aulian Kreasi Gemilang Berbagai Macam Produk Mainan Anak Aulian Kreasi Gemilang Milik Eka Mutia

Sukses berjalan, Eka sejauh ini sudah mengirim produk-produknya ke salah satu toko perbelanjaan di Bali dan toko perlengkapan bayi dan anak di Bandung.

Bahkan di tahun 2022 lalu Eka berhasil meraup omzet hingga Rp1,5 miliar dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya berkisar ratusan juta.

Dalam jangka tahun ini, Eka menargetkan kerjasama dengan offline store untuk memperluas pemasaran produknya, terutama di Lampung.

Selain itu, ia juga ingin membuat tempat produksi yang lebih kondusif lagi bagi para pengrajin untuk memudahkan mereka.

Baca juga: 4 Kebiasaan Pebisnis yang Sukses, Termasuk Membangun Networking

Perjalanan Eka membangun bisnis mainan ini, membuatnya berhasil menjadi juara pertama Jagoan Lokal #Cantikpreneurship beberapa waktu lalu.

Event Jagoan Lokal #Cantikpreneurship ini, merupakan hasil kerja sama Sekar Pelangi Foundation (SPF) bersama KG Media Group, yang mengajak para pejuang UMKM perempuan di Indonesia, untuk mengubah tantangan menjadi peluang bisnis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com