Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Surabaya Gandeng Bank Jatim Bangkitkan UMKM lewat Festival Ramadan

Kompas.com - 20/04/2023, 15:00 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Bank Jatim menggelar Festival Ramadan yang dilaksanakan pada Sabtu (15/4/2023), di Jembatan Suroboyo.

Tercatat ada 100 UMKM yang menawarkan berbagai macam produk mereka kepada pengunjung yang hadir untuk ngabuburit dimulai dari jam 14.00 – 22.00 WIB.

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, mengatakan bahwa kerja sama ini amat berfokus pada peningkatan ekonomi pelaku UMKM dan diharapkan dapat terus diselenggarakan secara berkelanjutan di Jembatan Suroboyo ini dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di daerah, melalui pelaku UMKM.

Baca juga: Blibli Bersama BI dan IFC Dukung Eksistensi Produk UMKM Terbaik Jateng

“Alhamdulilah hari ini Bank Jatim mengadakan Festival Ramadan di Jembatan Suroboyo sangat luar biasa, antusias masyarakat juga sangat luar biasa. Saya berharap ini bisa dilakukan setiap satu bulan sekali, karena sinergi antara bank jatim dan pemerintah saling mendukung,” jelas Eri mengutip rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (20/4/2023).

Ia menambahkan, seluruh stakeholder yang ada di Kota Surabaya saling berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemkot Surabaya untuk terus menggerakkan ekonomi UMKM yang ada.

“Saya bangga betul sehingga kegiatan ini diharapkan bisa dilakukan secara terus menerus untuk membangkitkan UMKM. Matur nuwun (terima kasih) juga untuk seluruh UMKM, ayo kita ubah nasib kita,” tambahnya.

Ia yakin melalui sinergitas semacam ini, dapat membantu proses pengentasan kemiskinan dan pengangguran yang ada di Surabaya.

Baca juga: Equinix dan Astra Bekerja Sama Dukung Transformasi Digital dan Pembangunan Ekonomi Indonesia

“Contoh di Jembatan Suroboyo, maka camat harus bisa berkolaborasi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayahnya, karena sesama warga Surabaya saling mencintai dan ingin memajukan kota ini bersama-sama dengan seluruh stakeholder mengubah Surabaya menjadi lebih hebat lagi,” ujarnya.

Senada dengan Eri, Direktur Mikro, Ritel, dan Menengah Bank Jatim, Arief Wicaksono, turut mendukung penuh program pemerintah yang mendorong perkembangan ekonomi tersebut.

“Meski sempat terpuruk karena pandemi Covid-19, tapi sekarang roda ekonomi bergerak lagi dan kita dorong melalui program, serta kegiatan yang ada di Bank Jatim agar UMKM bisa bangkit dan naik kelas,” pungkas Arief.

Baca juga: Pemprov Jatim Dukung Kompetisi Bisnis Digital untuk Tingkatkan Daya Saing Santri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com