Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Memulai Bisnis Penyewaan Apartemen? Simak Tipsnya

Kompas.com - 08/06/2023, 20:13 WIB
Rheina Arfiana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Saat ini, bisnis penyewaan apartemen menjadi salah satu bisnis yang memiliki peluang menjanjikan. Selain memperoleh pendapatan pasif, juga minim biaya perawatan.

Akan tetapi, melakukan bisnis penyewaan apartemen bukan lah perkara mudah. Hal ini disebabkan karena terdapat banyak hal yang mesti diperhatikan, salah satunya menentukan strategi.

Oleh sebab itu, supaya tidak salah langkah. Berikut ini beberapa tips memulai bisnis penyewaan apartemen yang bisa dilakukan, seperti yang dirangkum dari beberapa sumber.

Baca juga: Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal, Apakah Bisa?

1. Memahami potensi pasar

Dapat dikatakan, bangunan apartemen berada di lokasi strategis. Akan tetapi, setiap lokasi mempunyai peruntukan yang berbeda-beda.

Misalnya seperti apartemen yang berada di dekat wilayah wisata mungkin lebih ramai didatangi turis. Sementara, apartemen yang berada di pusat kota mungkin lebih disenangi untuk staycation.

Dengan begitu, penting untuk mengetahui potensi di setiap lokasi supaya bisa memperkirakan jenis tamu yang kemungkinan melakukan penginapan.

2. Melakukan renovasi dan upgrade

Apabila memiliki keinginan untuk memulai bisnis penyewaan apartemen, kemungkinan ada beberapa bagian unit apartemen yang harus diubah.

Baca juga: Kesalahan Umum yang Dilakukan Para Pebisnis Properti, Catat!

Tujuannya untuk menyesuaikan unit apartemen dengan keperluan tamu. Mulai dari menambah fasilitas kamar, mengubah tata letak, dan lainnya.

3. Menghitung biaya penyewaan

Selanjutnya biaya penyewaan apartemen dapat dipengaruhi oleh beragam faktor. Bisa dimulai dari modal operasional, ukuran kamar, kelengkapan fasilitas, lokasi apartemen, dan lainnya.

Dengan mempertimbangkan biaya penyewaan yang sesuai bisa mendapatkan keuntungan dengan tetap menjaga daya beli pelanggan.

4. Beriklan dengan cara yang cerdas

Selanjutnya adalah beriklan dengan cara yang cerdas. Setiap orang yang mencari tempat untuk menginap selalu memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan.

Berangkat dari hal itu, materi promosi apartemen bisa dengan memfokuskan dua aspek tersebut. Selain itu, perlihatkan juga foto dan video yang lengkap mulai dari fasilitas apartemen sampai interiornya.

Baca juga: Cerita Wie Liong Usaha Toko Bangunan, Bermodal Awal Rp15 Juta

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menjelaskan kelebihan apa saja yang dimiliki supaya bisa menarik perhatian pelanggan.

5. Memanfaatkan OTA (Online Travel Agent)

Yang terakhir, kamu bisa mendaftarkan bisnis penyewaan apartemen ke OTA (Online Travel Agent). Terdapat beberapa OTA di negara Indonesia seperti Traveloka, Agoda, Tiket.com.

Dengan mendaftarkan bisnis penyewaan apartemen ke OTA, kamu dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan potensial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com