Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Sorong Siapkan Dana Rp7 Miliar, Pelaku UMKM Bisa Ajukan Pinjaman Tanpa Bunga

Kompas.com - 10/06/2023, 11:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

SORONG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya menganggarkan dana Rp7 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Otonomi Khusus (Otsus) 2023 untuk pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah itu.

Pejabat Bupati Sorong, Yan Piet Mosso menjelaskan anggaran ini nantinya dititipkan kepada Bank Papua dengan skema pinjaman tanpa bunga bagi pelaku UMKM.

"Teknisnya pelaku UMKM akan mengajukan pinjaman ke Bank Papua sesuai dengan besaran pinjaman kemudian bunga pinjaman ditanggung Pemerintah Kabupaten Sorong," kata Mosso seperti dilansir dari Antara pada Jumat (9/6/2023).

Jumlah UMKM di Kabupaten Sorong, kata Mosso, berkisar 4.000 unit. Keberadaan UMKM menjadi penting untuk didorong dengan stimulan dana yang cukup dalam rangka memberdayakan usaha. Dengan demikian, pertumbuhan ekonomi di wilayah Sorong bisa terdongkrak.

Kehadiran pelaku UMKM di suatu daerah, lanjut Mosso, penting dan strategis karena daerah manapun di seluruh Indonesia dan khususnya di Provinsi Papua Barat Daya selalu memprioritaskan pemberdayaan UMKM.

"Sebab UMKM ini garda terdepan membantu pemerintah dalam rangka mendongkrak pertumbuhan ekonomi," kata Mosso.

Baca juga: Gerakan Nasional BBI dan BBWI Jadi Kesempatan UMKM Papua Barat Naik Kelas

Atas dasar itulah, Pemerintah Kabupaten Sorong memiliki desain besar yang lebih holistik dengan menyediakan wadah untuk mewujudkan bidang ekonomi yang kuat.

Pemerintah Kabupaten Sorong juga mendorong pelaku UMKM membentuk wadah untuk mewujudkan ketahanan ekonomi.

"Sehingga tidak berselang lama, UMKM Kabupaten Sorong telah membentuk wadah dengan nama Asosiasi Nusantara UMK/UMKM dan pengurusnya pun telah dilantik," kata Mosso.

Mosso memerintahkan pengurus Asosiasi Nusantara UMK/UMKM untuk bertanggung jawab, melihat, dan menjangkau orang asli Papua yang tinggal di kampung-kampung dan tidak memiliki kemampuan, untuk melakukan kegiatan usaha dengan diakomodasi dan dilatih berusaha di bidang UMKM.

Asosiasi binaan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Sorong tersebut memiliki visi dan misi bersama untuk menciptakan UMKM yang profesional dan cerdas.

Mosso mengapresiasi kehadiran asosiasi itu karena UMKM merupakan perekonomian daerah yang paling tahan terhadap kondisi ekonomi global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com