Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bengkel Konversi, Peluang Baru dalam Berbisnis yang Dapat Dicoba

Kompas.com - 20/06/2023, 09:07 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam rangka melaksanakan pembangunan menuju rendah karbon dan ketahanan iklim secara bertahap, pemerintah mengadakan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) bagi masyarakat.

Melalui program ini, pemerintah mendorong masyarakat untuk melakukan konversi dari motor dengan Bahan Bakar Minyak menjadi listrik.

Melansir situs resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI, pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp7 juta, yang disalurkan melalui bengkel konversi kepada masyarakat yang telah melakukan konversi sepeda motornya untuk mengurangi total biaya konversi.

Baca juga: Ketua PBOIN: Kunci Bisnis Bengkel Bertahan, Jangan Telat Bayar Supplier

Dalam pelaksanaannya, tentu dibutuhkan bantuan dari bengkel konversi untuk melakukan konversi kendaraan bermotor tersebut.

Hal ini dapat menjadi salah satu peluang yang dapat dimanfaatkan oleh pebisnis bengkel di Indonesia.

Kamu dapat menarik pelanggan baru, melalui jasa proses konversi kendaraan bermotor dengan menjadi bengkel konversi.

Kamu dapat mendaftarkan bengkel milikmu agar dapat menjadi bengkel konversi melalui situs resmi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI, yang dapat diakses melalui link ebtke.esdm.go.id/konversi/register_bengkel.

Baca juga: Usaha Bengkel Custom Punya Peluang Cuan Besar, Tertarik Coba?

Adapun melansir instagram resmi KemenKop dan UKM RI, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu memiliki peralatan khusus untuk instalasi penggerak motor listrik, peralatan tangan dan bertenaga, peralatan uji perlindungan sentuh listrik, peralatan uji hambatan isolasi, serta mesin fabrikasi komponen pendukung instalasi.

Tentunya hal tersebut dibarengi dengan teknisi perawatan dan teknisi instalatur yang kompeten dan bersertifikat di bidangnya.

Teknisi juga harus memiliki pengalaman minimal 2 tahun sebagai teknisi kendaraan bermotor.

Bengkel yang kamu miliki juga harus dilengkapi dengan fasilitas keamanan dan keselamatan kerja.

Setelah memenuhi persyaratan tersebut, kamu dapat mengisi formulir secara online, melalui link di atas untuk melakukan pendaftaran.

Baca juga: Berikan Pelatihan Konversi Motor Listrik, KemenKopUKM Akan Gandeng Elder Garage

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com