Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM di Sulbar Ekspor 500 Kilogram Abon Ikan ke Australia

Kompas.com - 03/07/2023, 07:40 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

MAMUJU, KOMPAS.com - Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengekspor abon ikan ke Australia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat negara itu.

"Pemerintah Sulbar memberikan dukungan bagi UMKM yang akan melakukan ekspor abon ikan ke negara Australia," kata penjabat Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakhrullah, di Mamuju, Sabtu seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan UMKM Sulbar telah mempersiapkan sebanyak 500 kilogram abon ikan ke Australia.

"Abon ikan sebanyak 500 kilogram tersebut sebanyak 5.000 bungkus yang akan diekspor pada tahap awal, dan bila kerja sama lancar jumlahnya akan terus ditingkatkan," kata Zudan.

Menurut Zudan, usaha UMKM yang melakukan ekspor dan menembus pasar internasional tersebut adalah UMKM Syakila yang berada di Kabupaten Majene.

Baca juga: Geliat Desa Srowo di Gresik menuju Kampung UMKM Kerupuk Ikan

Gubernur Sulbar mengaku bangga dengan adanya ekspor abon ikan dari Sulbar ke Australia, yang dilakukan UMKM Syakila di Majene, dan hal tersebut adalah prestasi membanggakan.

"Pemerintah akan membantu perizinan dan memfasilitasi dokumen yang dibutuhkan melakukan ekspor abon ikan tersebut," tambah Zudan.

Zudan mengatakan Pemerintah Sulbar akan berupaya mendukung serta memenuhi kebutuhan peralatan serta pembinaan agar terus dapat memajukan usahanya.

Zudan juga berharap agar masyarakat Sulbar dapat mendukung tumbuhnya ekonomi daerah dengan membeli produk UMKM Sulbar untuk memajukan ekonomi daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com