Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuta Lane Mandalika Diharapkan Bisa Meningkatkan Pendapatan UMKM Sekitar

Kompas.com - 10/07/2023, 12:43 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebelumnya, Pemerintah telah membangun Sirkuit Mandalika sebagai pusat pengembangan pariwisata olahraga, sekaligus untuk mendukung pengembangan kawasan pariwisata di Mandalika.

Berkaitan dengan hal tersebut, pemerintah juga membangun berbagai fasilitas, termasuk lapak Bazar Mandalika yang menjual kuliner dan kerajinan hasil masyarakat, yang diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sebagai bentuk program pembangunan yang berkelanjutan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat telah dibangun Kuta Lane, yang diharapkan bisa meningkatkan pendapatan UMKM.

Baca juga: 6 Tips Mendorong Akselerasi Bisnis UMKM

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengatakan, akses ini dirancang, dengan tujuan untuk memfasilitasi dan meningkatkan alur aktivitas para pengunjung atau wisatawan dari area kawasan pantai menuju area bazar Mandalika atau tempat para UMKM, serta area parkir di kawasan Mandalika.

"Fasilitas pendukung pengembangan pariwisata ini, menjadi sebuah koridor pedestrian yang nyaman dan berfungsi sebagai akses penghubung antara Bazar Mandalika dengan Kuta Beach Park (The Mandalika)," kata Erick, seperti dikutip dari Antara, Senin (10/7/2023).

Menariknya, Kuta Lane juga dilengkapi dengan artwork space, taman bermain anak-anak yang ramah, spot-spot foto ikonik yang memukau, dan panggung hiburan yang siap menjadi tempat pertunjukan seni musik, tari dan teater.

Sementara itu, Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria mengatakan pihaknya juga akan tetap berkomitmen dalam mengembangkan dan memajukan KEK Mandalika.

Pembangunan proyek Kuta Lane, Masjid, dan Hotel ini menjadi komitmen ITDC untuk mengembangkan potensi pariwisata dan infrastruktur di The Mandalika, dan juga sebagai langkah konkret dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja dan multiplayer positif bagi masyarakat di Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Dengan spirit dan visi yang sama, bersama-sama kita wujudkan The Mandalika sebagai destinasi pariwisata yang mendunia," kata Dony.

Baca juga: INABUYER 2023 Catat Potensi Kerjasama Rp1 Triliun dengan Koperasi dan UMKM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com