Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amartha Berkolaborasi dengan Kemenkominfo Latih UMKM Melek Digital

Kompas.com - 07/07/2023, 14:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dalam pelaksanaan program Adopsi Teknologi Digital dan Inkubasi Bisnis UMKM “UMKM Level Up”.

Dalam program ini, Amartha menjadi salah satu fasilitator pelatihan, penyusunan materi, hingga pendampingan, yang bertujuan untuk memfasilitasi adopsi teknologi digital 4.0 bagi para pelaku UMKM.

Program pelatihan dan pendampingan ini merupakan inisiatif Kementerian Kominfo guna mengembangkan potensi keterampilan dan kemandirian pelaku usaha UMKM melalui ekosistem digital.

Baca juga: 5 Strategi Bisnis Ampuh untuk Hadapi Persaingan Era Digital

 

Harapannya, pelaku UMKM dapat meningkatkan akses pemasaran, efisiensi dan efektivitas operasional, sekaligus berdampak pada transaksi penjualan serta daya saing UMKM di Indonesia.

Chief Operating Officer Amartha Budhi Siswoadji menyampaikan bahwa pihaknya mendukung sepenuhnya program Kemenkominfo dalam mengakselerasi adopsi teknologi digital 4.0 di kalangan UMKM Indonesia.

"Dengan mengadopsi digitalisasi, UMKM berpotensi untuk memperluas jangkauan pasarnya, mengembangkan kapabilitas usahanya, agar UMKM dapat lebih sejahtera,” ucapnya dalam keterangan resmi, Kamis (6/7/2023).

Baca juga: Ingin Memulai Bisnis Digital? Simak 7 Tipsnya

Kerja sama peluncuran program ini telah dilakukan pada bulan Mei lalu di Jakarta, dan dihadiri oleh perwakilan kemenkominfo, Amartha, beserta 110 fasilitator lainnya yang akan terlibat dalam pelaksanaan program tersebut.

Secara nasional, pemerintah berupaya mengoptimalkan potensi dan produktivitas UMKM dengan meningkatkan produksi dalam negeri, meningkatkan nilai substitusi ekspor dan melakukan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com