Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rental ‘Pocket Wifi’, Bisnis Baru yang Menyasar Traveler Jaman Now

Kompas.com - 16/07/2023, 08:17 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Kemunculan rental modem WiFi dengan akses internet yang dapat digunakan dimana saja kini menjadi primadona baru. Terutama bagi kalangan traveler yang suka bepergian ke mancanegara.

Banyak traveler yang kemudian lebih memilih untuk memakai alat ini, karena dianggap lebih praktis ketika bepergian keluar negeri. Pasalnya, dengan alat ini Anda tak perlu lagi harus repot-repot mengganti simcard baru sesuai negara yang akan dikunjungi.

Sejumlah pengamat menyebut, bisnis rental pocket WiFi ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Salah satu alasannya karena kebutuhan akan akses internet yang mudah dan cepat bagi para traveler juga turut mengalami peningkatan.

Bahkan saat ini ada banyak provider yang menyediakan layanan rental pocket WiFi dengan berbagai benefit yang menarik. Mulai dari harga yang terjangkau hingga bisa digunakan di berbagai negara tujuan wisata.

Tentunya, ini semakin memudahkan traveler untuk mengakses internet dimanapun berada. Tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk beli simcard baru, Anda bisa mengakses internet dengan mudah dan lebih hemat.

Dilansir dari Cermati.com, simak 8 hal yang perlu Anda ketahui jika tertarik menggunakan pocket WiFi:

1. Pocket WiFi dan Kartu Sim Lokal, Mana yang Lebih Hemat?

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya apa sih keuntungan menggunakan pocket WiFi. Tak heran, jika masih banyak yang ragu untuk menggunakan fasilitas pocket WiFi ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa keuntungan menggunakan rental pocket WiFi, antara lain:

2. Lebih Hemat Dibandingkan Dengan Kartu Sim Lokal

Jika dibandingkan dengan kartu SIM lokal, menggunakan rental pocket WiFi ini tentunya jauh lebih hemat. Dengan rental pocket WiFi, Anda tak perlu lagi mengganti SIM card baru dan mengisi pulsanya.

Tinggal aktifkan, pocket WiFi sudah bisa digunakan untuk mengakses internet di tempat Anda berada. Selain itu, berbeda dengan kartu SIM lokal, rental pocket WiFi ini biasanya bebas data roaming. Hal ini tentunya bisa lebih hemat pengeluaran selama traveling.

3. Bisa Atur Biaya Sesuai Kebutuhan

Ketika menggunakan rental pocket WiFi, Anda bisa lebih mudah untuk mengatur biaya penggunaannya. Umumnya, setiap penyedia layanan rental pocket WiFi ini akan menawarkan beberapa paket dengan harga dan benefit tertentu.

Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan dan lama waktu selama melakukan perjalanan. Misalnya, hanya untuk beberapa hari, maka bisa pilih sewa untuk harian dan sebagainya.

4. Lebih Praktis dan Langsung Bisa Digunakan

Agar bisa memperoleh akses internet dari Pocket WiFi, biasanya Anda perlu melakukan pemesanan terlebih dahulu. Pemesanan umumnya dilakukan melalui situs web penyedia layanan rental pocket WiFi.

Kemudian, mereka akan mengirimkannya ke alamat tempat tinggal Anda yang dicantumkan saat mendaftar. Atau bisa juga diambil langsung ketika check-in di Bandara. Setelah melakukan pemesanan, pocket WiFi ini bisa langsung digunakan, lho.

Ini tentu lebih praktis jika dibandingkan dengan menggunakan kartu SIM lokal yang baru bisa dibeli sesampainya di negara tujuan. Di samping itu juga perlu melakukan registrasi data di kartu SIM tersebut dan melakukan pengisian pulsa agar bisa digunakan untuk mengakses internetnya.

Baca juga: Ini Cara Digital Marketing dalam Meningkatkan Bisnis

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com