Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Biak Numfor Yakini Produk UMKM Daerahnya Bisa Tembus Pasar ASEAN

Kompas.com - 14/07/2023, 20:35 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pemerintah Biak Numfor, Papua meyakini produk UMKM Biak bisa menembus pasar negara anggota ASEAN seperti seperti Malaysia, Singapura, Thailand dan Philipina.

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Disperindag Biak Numfor Yubelius Usior, ada sejumlah produk pelaku UMKM yang bisa menembus pemasaran ke negara Asean seperti hasil perikanan ikan tuna, kepiting briket, minyak goreng kelapa, sagu, sari jahe merah hingga kuliner olahan pangan daerah.

Oleh sebab itu, Pemerintah Biak Numfor, Papua melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) tengah menjajaki pemasaran berbagai hasil produksi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) ke negara anggota ASEAN.

Baca juga: Penting sebagai Identitas Usaha, Pemkab Biak Numfor Dorong Pelaku UMKM Daftarkan Merek Dagang

Diungkap Usior, salah satu tujuan produk UMKM Biak menembus pasar negara anggota Asean, adalah guna meningkatkan pendapatan pelaku usaha setempat.

“Pemasaran beragam produk hasil pelaku UMKM diharapkan ke depan sudah bisa menembus pasar ekspor negara anggota ASEAN melalui hubungan dagang internasional,” kata Usior seperti dikutip dari Antara, Jumat (14/7/2023).

Untuk menjajaki pasar ekspor produk pelaku UMKM Biak, pihak Disperindag juga telah menjalin koordinasi dengan mitra sesama instansi Disperindag di berbagai daerah, terutama di Manado, Sulawesi Utara.

Usior menyebut, upaya lain dilakukan Disperindag menjalin komunikasi kerja dengan atase perdagangan negara ASEAN, Australia, dan Jepang.

Dukungan lain yang diberikan pemerintah kepada pelaku UMKM orang asli Papua, yakni pengurusan sertifikat produk halal dari Badan Sertifikat Halal dan MUI.

Baca juga: Resmikan PLUT KUMKM Biak Numfor, KemenKopUKM Ciptakan Wirausaha Unggul di Papua

"Produk UMKM Biak memiliki banyak jenis usaha yang siap dipasarkan ke luar negeri, karena sudah mempunyai labelisasi halal dari badan sertifikasi halal pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI)," sebut Usior menanggapi penjajakan pemasaran negara anggota Asean.

Selain itu, pemerintah daerah terus memberikan perhatian dan pendampingan kepada pelaku UMKM di Kabupaten Biak Numfor.

Ia berharap, pemerintah untuk terus mengembangkan ketahanan pangan daerah menembus pasar Global terutama negara anggota ASEAN.

Selain olahan pangan, berdasarkan data produksi UMKM dari Biak Numfor juga ada beberapa kerajinan seperti hiasan topi mahkota pria dan tas noken, serta beragam kerajinan tangan rumah tangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com