Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Agar Selalu Konsisten dalam Berbisnis

Kompas.com - 21/07/2023, 20:22 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Dalam menjalankan bisnis sangat diperlukan adanya sikap konsisten. Apapun kondisinya, baik sedang ramai maupun sepi, sebagai pelaku bisnis diharuskan bisa tetap bertahan.

Namun, jika mudah putus asa hingga tidak lagi mau mengurusi bisnis, bukankah bisnis akan mangkrak yang akhirnya justru gulung tikar? Bisnis yang sudah dibangun susah payah hanya tinggal nama.

Jika sudah begitu, tentunya hanya akan merugikan diri sendiri. Inilah mengapa, konsisten dalam bisnis menjadi hal yang sangat diperlukan.

Konsisten bukanlah bakat, melainkan sikap yang muncul karena memang diupayakan. Jika punya niat keras untuk konsisten, apapun yang diupayakan tentunya akan jadi milik Anda di masa mendatang, termasuk keberhasilan dalam bisnis.

Sudah siap untuk menjadi lebih konsisten dalam berbisnis? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa membantu Anda semakin konsisten dilansir dari Cermati.com antara lain:

1. Jauhi Pikiran Negatif

Memiliki pikiran negatif adalah hal yang lumrah, apalagi manusia memang kodratnya dibekali dengan pemikiran yang negatif. Pikiran negatif bukanlah sesuatu yang harus dihindari atau dihilangkan karena ini merupakan hal yang alami.

Hanya saja akan menjadi bahaya ketika pikiran negatif yang muncul justru memberikan pengaruh secara negatif. Terlebih, pemikiran tersebut terbawa ketika menjalankan bisnis. Bukan tidak mungkin, hal ini akan menjadi penghambat.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa mulai dengan menanamkan cara berpikir positif di dalam diri. Bergabung atau berkumpul dengan orang-orang yang punya pemikiran positif juga bisa jadi pilihan. Misalnya dengan melakukan kegiatan-kegiatan menarik dan bermanfaat bukan hanya untuk tubuh tapi juga pikiran.

Jika perlu, hindari orang-orang yang selalu punya aura dan pemikiran pesimis. Pasalnya, mereka bisa menyedot habis semua pikiran positif yang Anda miliki.

2. Berhenti Menunda-nunda Pekerjaan

Masih suka mengulur waktu atau menunda-nunda pekerjaan yang ada? Jika hal ini masih sering dilakukan, sebaiknya mulai introspeksi diri. Jika ingin bisnis yang dijalankan berjalan lancar, pastikan untuk tidak sering menunda-nunda pekerjaan.

Jika hal ini masih terus dilakukan, orang lain bisa mengambil kesempatan yang seharusnya menjadi milik Anda. Menjalankan bisnis diibaratkan sebagai sebuah perlombaan, pemenangnya akan berada di urutan terdepan. Jika hanya berdiam diri di zona nyaman, maka jangan kaget jika kompetitor sudah jauh melesat lebih dulu.

3. Jangan Berhenti Belajar

Selalu belajar menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dan meningkatkan value dalam diri.

Jangan pernah lelah dan berhenti untuk selalu belajar karena akan selalu ada hal baru yang bisa dipelajari, apalagi dalam berbisnis. Mulai dari belajar hal-hal teknis terkait pemasaran bisnis, baik secara offline maupun online, inovasi dan masih banyak lagi.

Anda bisa belajar secara otodidak melalui internet dan membaca buku atau mengikuti pelatihan, seminar, workshop dan banyak lagi. Jadi pastikan jangan pernah lelah untuk selalu mempelajari hal-hal yang baru.

Baca juga: Tips Membangun Bisnis Menjadi Sukses dari Metode Ikigai

4. Bertukar Wawasan dan Ide dengan Orang 'Se-frekuensi'

Di dalam lingkungan pertemanan, di antara beberapa orang tentu ada yang punya pola pemikiran yang sejalan dengan Anda. Jika memungkinkan, pastikan untuk bisa lebih sering berinteraksi dan bertukar ide atau wawasan dengan mereka.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com