Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Medan Bekerja Sama dengan USU Dirikan Mal UMKM seperti Sarinah

Kompas.com - 28/07/2023, 10:16 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) akan membangun Mal UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah).

Berdasarkan data Dinas Koperasi UKM Perindag Kota Medan pada 2022, menyebut jumlah pelaku UMKM di aplikasi SIMDAKOP UMKM (Sistem Pendataan Koperasi dan UMKM) Kota Medan sebanyak 38.343 UMKM.

Di antaranya, UMKM yang terdaftar sebagai binaan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan berjumlah 1.825 UMKM.

Baca juga: Seribu UMKM Binaan Bank Indonesia Tampil di Karya Kreatif Indonesia 2023

"Bekerja sama dengan USU, kita bangun Mal UMKM. Gambarannya hampir sama dengan Sarinah di Jakarta. Hasil produk UMKM akan dipasarkan di situ nantinya," kata Wali Kota Medan Bobby Nasution, seperti dikutip dari Antara, Jumat (28/7/2023).

Tak hanya memasarkan produk pelaku UMKM di Ibukota Provinsi Sumatera Utara, Mal UMKM yang berada di kawasan Jalan Dr Masyur Medan ini, nantinya juga digunakan sebagai tempat mengedukasi pelaku UMKM.

Bobby mengungkap, nantinya akan ada tiga jenis sepatu buatan UMKM lokal bekerja sama dengan Pemkot Medan, yang akan diluncurkan di mal UMKM.

"Banyak yang mengira harga sepatu saya ini jutaan rupiah. Padahal cuma Rp350 ribu. Sepatu ini produk lokal bekerja sama dengan Pemkot Medan. Mudah-mudahan September nanti, sepatu produk lokal ini kita luncurkan," ujarnya sembari memamerkan sepatu yang dipakainya.

Baca juga: Samudera Expo 2023 Jadi Ajang Promosi Produk UMKM Lokal Aceh

"Produk-produk seperti ini akan kita pasarkan di Mal UMKM nanti," lanjut Bobby di hadapan unsur Forkopimda Kota Medan, Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin dan tokoh masyarakat.

Rektor USU Prof Dr Muryanto Amin mengatakan, pembangunan Mal UMKM merupakan bagian dari rencana yang komprehensif untuk mengubah kawasan Jalan Dr Mansyur.

Pihaknya menyebutkan, kawasan Jalan Dr Mansyur akan menjadi pusat bisnis yang berkembang, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Saya menyambut baik kolaborasi USU dan Pemkot Medan membangun Mal UMKM karena cukup strategis. Dengan adanya Mal UMKM ini, Insya Allah pelaku UMKM di Kota Medan bisa naik kelas," pungkasnya.

Baca juga: Pemkot Jaksel Beri Pelatihan Foto dan Video Produk untuk 100 Pelaku UMKM

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com