Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Babel Gelar Festival UMKM, 40 Pelaku UMKM Ikut Ramaikan

Kompas.com - 01/08/2023, 15:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

BANGKA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar festival produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada 4-6 Agustus 2023 dalam rangka memperingati HUT ke-3 UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Kepulauan Babel.

"Kegiatan ini untuk mempromosikan, memasarkan dan meningkatkan produk UMKM," kata Kepala Disperindag Provinsi Kepulauan Babel, Tarmin AB di Pangkalpinang, Selasa seperti dilansir dari Antara.

Tarmin mengatakan kegiatan festival produk UMKM dalam memperingati HUT ke-3 UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Provinsi Kepulauan Babel melibatkan 40 UMKM dan 10 instansi pemerintah provinsi yang dimulai pada 4 hingga 6 Agustus 2023 di Taman Sari Kota Pangkalpinang.

"Kegiatan ini untuk melaksanakan tugas dan fungsi UPTD Rumah Promosi dan Kemasan dalam memberikan layanan pemasaran produk untuk meraih peluang pangsa pasar yang lebih luas," lanjut Tarmin.

Menurut Tarmin, kegiatan festival produk UMKM ini tentunya akan meningkatkan jangkauan terutama akses pasar lokal, serta memperkenalkan keberadaan UPTD Rumah Promosi dan Kemasan untuk menciptakan unit pelayanan yang dekat, ramah dan dapat diandalkan masyarakat.

"Sasaran festival ini adalah para pelaku UMKM, stakeholder perizinan bagi UMKM, perbankan, siswa SMA dan Kejuruan, serta masyarakat umum," tambah Tarmin.

Ia menyatakan selama pelaksanaan festival produk UMKM ini tentunya akan ada banyak kegiatan yang bernilai edukasi, kewirausahaan (entrepreneurship) dan seni, seperti panggung hiburan, lomba desain kemasan digital tingkat SMA dan SMK, lomba mewarnai tingkat TK, lomba desain kemasan manual tingkat UMKM, serta lomba foto dan video festival untuk umum.

"Kami sudah melaporkan kegiatan ini kepada Penjabat Gubernur Kepulauan Babel dan berharap kesediaan beliau membuka festival produk UMKM ini," kata Tarmin.

Baca juga: Dukung Ekonomi Daerah, Pemkab Bangka Tengah Tingkatkan Kompetensi Pelaku Usaha Getas

Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu mendukung festival ini dan berharap Disperindag mengajak masyarakat untuk mengunjungi Taman Sari ini.

"Mari bersama-sama kita mengajak masyarakat untuk mengunjungi Taman Sari ini, karena di situ ada banyak stan-stan UMKM. Tentunya ini dapat memutar roda perekonomian terutama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya Kota Pangkalpinang," pungkas Tarmin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com