Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libatkan 2.548 UMKM, Jember Fashion Carnival Pecahkan Rekor MURI

Kompas.com - 06/08/2023, 19:40 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Jember Fashion Carnival (JFC) 2023 mencatat prestasi dengan memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Ada dua rekor tercatat dalam kegiatan ini, yakni jumlah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terbanyak dan jumlah lampu sorot terbanyak.

Pemberian Rekor MURI tersebut disampaikan oleh Manajer Eksekutif MURI Sri Widayati kepada Bupati Jember Hendy Siswanto saat Grand Carnival JFC di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (5/8/2023).

Baca juga: Puluhan Produk UMKM Unggulan Jember Dipasarkan di Jember Fashion Carnival

Sri mengatakan, dari hasil perhitungan yang dilakukan, jumlah UMKM yang terlibat di Jember Fashion Carnival ini mencapai 2.548 UMKM.

Para pelaku UMKM ini meramaikan sepanjang rute catwalk talent JFC, yang panjangnya 3,6 kilometer.

Selain itu, properti JFC berupa lampu sorot sebanyak 268 lampu juga tercatat dalam rekor MURI, sebagai lampu sorot terbanyak.

"Sebelumnya, rekor MURI juga pernah didapat JFC dengan kategori peserta karnaval terbanyak mencapai 4.400 peserta pada JFC ke-3 tahun 2004, sehingga daftar rekor MURI JFC bertambah," papar Sri seperti dikutip dari Antara.

Sementara Bupati Jember Hendy Siswanto, mengapresiasi banyaknya UMKM dan lampu sorot yang meraih rekor MURI dalam kegiatan Jember Fashion Carnaval, yang memiliki multiplier effect yang luar biasa.

"Saya ucapkan terima kasih banyak kepada pihak manajemen JFC dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan event spektakuler itu, sehingga mendapatkan dua rekor MURI sekaligus," katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak yang mengapresiasi JFC, karena menjadi kebanggaan seluruh warga Jawa Timur, yang juga memiliki dampak luar biasa.

"Atas penganugerahan rekor MURI itu, saya ucapkan selamat dan apresiasi atas penggunaan property show yang spektakuler dan memiliki keunggulan nasional," ucap Emil.

Baca juga: Cerita Bhakti Bantu Kedai Kopi Lokal Jember Hadapi Persaingan dengan Brand-brand Besar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com