Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips yang Perlu Diperhatikan saat Membangun Bisnis Bersama Sahabat

Kompas.com - 09/08/2023, 20:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

KOMPAS.com - Membangun bisnis dengan sahabat bisa lebih menyenangkan dibandingkan dengan orang yang baru dikenal. Kamu bisa mengetahui karakter dan pola komunikasi dengan sahabat kalian.

Salah satu modal awal untuk membangun bisnis adalah memahami karakter rekan agar bisa memperkuat kerjasama. Namun, tak semua bisnis yang dijalankan bersama sahabat membuahkan hasil yang manis.

Pasti ada berbagai macam cobaan yang mungkin akan menghadang dan mengancam hubungan pertemanan. Lalu apa saja yang harus disiapkan jika ingin membangun bisnis bersama sahabat?

Berikut tipsnya seperti dirangkum dari Amartha.com.

1. Bangun Chemistry yang Baik

Kamu mesti punya kecocokan karakter dan kesamaan visi misi saat memulai bisnis. Jika tak ada chesmistry, kamu akan sulit membangun usaha bersama sahabat.

Baca juga: Bisnis Angkringan Agar Cuan, Simak Tips Ini

Masing-masing pihak perlu menimbang potensi dan kemampuan agar semakin mudah dalam membagi tugas dan tanggungjawab.

2. Komitmen di Awal

Hal lain yang perlu dimiliki adalah komitmen di awal membangun bisnis. Komitmen yang perlu dimiliki seperi tentang usaha yang akan digeluti.

Baca juga: Bagaimana Cara Menentukan Besarnya Modal Bisnis? Ini Langkahnya

Usahakan memilih bidang usaha yang memang sesuai dengan keahlian dasar salah satu pihak sehingga risiko yang dimiliki jauh lebih minim. Hindari menjalankan bisnis di bidang yang masih baru serta awam bahkan tidak sesuai dengan keahlian.

3. Tentukan Target dan Tujuan Bersama

Poin selanjutnya adalah menentukan tujuan serta target penjualan. Lakukan pembagian peran dari masing-masing orang. 

Penentuan tujuan dan target penjualan perlu dilakukan secepat mungkin. Hal itu untuk melihat kecocokan antara kamu dan sahabatmu.

Baca juga: 5 Cara Bisnis Anda Bisa Menghasilkan Lebih Banyak Uang

Selanjutnya, buat perjanjian bisnis sehingga setiap anggota akan memiliki perannya masing-masing.

Segala hal bisa ditulis dan dicatat di kontrak kesepakatan serta dilengkapi materai, termasuk pembagian tugas serta keuntungan nantinya.

4. Pembagian Tugas dan Penghasilan yang Disepakati

Sebelum usaha mulai berjalan, pastikan pembagian tugas dan kewajiban dari setiap pihak sudah dibicarakan. Tugas dan kewajiban perlu tercatat dengan jelas di kontrak kesepakatan.

Baca juga: Bisnis Angkringan Agar Cuan, Simak Tips Ini

Jika semua ingin aktif, dibutuhkan susunan posisi secara struktural sehingga bisa menentukan puncak pimpinan. Pastikan kamu juga bekerja dengan profesional dan membedakan antara bermain dan bekerja.

5. Risiko Usaha Bersama

Setiap usaha tak terkecuali bersama sahabat memiliki risiko seperti isu keuangan yang sensitif dan dapat memicu konflik. Masalah keuangan ini bisa kamu bicarakan dari awal.

Baca juga: 5 Cara Bisnis Anda Bisa Menghasilkan Lebih Banyak Uang

Selain itu membangun usaha bersama dengan sahabat juga dapat mematikan sikap kritis yang kita miliki. Karena sudah lama menjadi sahabat, kamu bisa percaya berlebihan dan akhirnya tidak kritis pada semua tindakan yang ia lakukan.

Padahal, bila terdapat hal yang menyimpang dari bisnis, akan lebih baik segera dievaluasi dan jangan terlalu lama ditunda. Terakhir, memaklumi sisi buruk sahabat. Karena sudah mengenal sahabat, terkadang kita akan memaklumi sisi buruk yang dimilikinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com