Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkop-UKM Ramaikan Live Shopping Tokopedia dan Ajak Flexing Produk Lokal

Kompas.com - 12/08/2023, 19:03 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Solo, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Surakarta dan berbagai stake holders menggelar UMKM Nasional Expo 2023, yang bertujuan untuk mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) naik kelas sekaligus bertransformasi menuju UMKM masa depan.

Expo yang berlangsung pada 10-13 Agustus 2023 ini, menghadirkan ribuan UMKM terkurasi dari seluruh Indonesia, termasuk yang tersebar di Solo Raya.

Selain menampilkan berbagai produk UMKM pada UMKM Expo, ada juga berbagai rangkaian acara menarik seperti workshop dan talkshow, coaching clinic, hingga live shopping bersama Tokopedia.

Baca juga: Jalankan Program Entrepreneur Hub, Kemenkop UKM Beri Pelatihan ke UMKM di Solo

Tak tanggung-tanggung, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki turut terjun langsung dalam acara live shopping Tokopedia Play di area Pamedan Mangkunegaran, Solo, pada Sabtu (12/8/2023).

Dalam acara tersebut, Teten mempromosikan berbagai produk UMKM Solo, mulai dari minyak telon, fesyen, skincare, hingga produk griya.

Hasilnya, produk-produk yang dipromosikan habis dalam sekejap.

Teten menyebut, saat ini Solo merupakan salah satu kota yang memiliki ekosistem UMKM yang besar, karena 100% ekonomi kota Solo ditopang oleh UMKM.

Lebih lanjut ia kembali menekankan, pentingnya terus mengajak masyarakat mencintai produk lokal dan membeli produk UMKM.

Ia berharap, produk UMKM dapat menguasai pasar belanja dalam negeri. Apalagi, 40% APBN sudah ditetapkan untuk membeli produk-produk lokal.

“Kenapa kita harus terus mendorong agar konsumsi masyarakat membeli produk UMKM? Karena 53% ekonomi Indonesia ditopang oleh konsumsi masyarakat,” ujar Teten.

Baca juga: Libatkan 300 UMKM, UMKM Nasional Expo Digelar di Solo

Menteri Kop-UKM Teten Masduki dan Walikota Solo Gibran Rakabuming bersama tim GoTo dalam acara live shopping Tokopedia Play.dok. GoTo Menteri Kop-UKM Teten Masduki dan Walikota Solo Gibran Rakabuming bersama tim GoTo dalam acara live shopping Tokopedia Play.
Untuk mencapai tujuan itu, ia bahkan mengimbau masyarakat untuk melakukan flexing lokal, yakni memamerkan produk-produk lokal UMKM dengan bangga, supaya lebih dikenal masyarakat yang lebih luas.

“Flexing itu pamer. Nah, pamer produk lokal ini untuk semakin memberdayakan, mencintai, sehingga semakin banyak masyarakat yang akan membeli dan mengonsumsi produk-produk lokal,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang juga hadir, mengucapkan terima kasihnya kepada menteri Teten, karena kota Solo sudah dipercaya menjadi tuan rumah perayaan Hari UMKM Nasional 2023.

"Terima kasih juga Pak menteri sudah melakukan live shopping bersama Tokopedia, luar biasa sekali produk-produk asli Solo sebagian besar sold out," ujar Gibran kepada Kompas.com.

Dirinya memastikan akan terus memberi dukungan kepada UMKM untuk lebih naik kelas lagi.

"Kita harus lebih naik kelas lagi. UMKM yang sudah sukses harus bisa membimbing UMKM yang masih merangkak, agar bisa sama-sama maju," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com