Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyaluran KUR di Aceh Periode Januari-Agustus 2023 Lampaui Target

Kompas.com - 06/09/2023, 17:04 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

ACEH, KOMPAS.com - Penyaluran pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Provinsi Aceh oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) selama 2023 hingga Agustus telah melampaui target.

Target selama periode awal Januari hingga bulan Agustus 2023 yakni sebesar Rp2,3 triliun dari target periode itu Rp2 triliun.

“Alhamdulillah realisasi penyalurannya melebihi dari target yang telah ditetapkan hingga Agustus 2023,” kata Regional CEO BSI Aceh, Wisnu Sunandar di Banda Aceh, Rabu seperti dilansir dari Antara.

Ia menyebutkan pada tahun 2023, BSI Regional Aceh mendapat kuota penyaluran KUR di provinsi tersebut Rp3 triliun.

Wisnu mengatakan hingga Agustus 2023 BSI Aceh telah menyalurkan KUR di seluruh provinsi itu sebesar Rp2,3 triliun dengan jumlah 35.554 nasabah atau dengan pencapaian sebesar 116,8 persen dari target penyaluran Agustus sebesar Rp2 triliun pada periode tersebut.

“BSI berkomitmen untuk mendukung dan berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Tanah Rencong, salah satunya memaksimalkan penyaluran KUR” kata Wisnu.

Baca juga: 48 Varian Produk UMKM Asal Aceh Ikuti Festival Pasar Senggol Turkiye 2023

Pihaknya optimistis alokasi KUR di BSI Regional Aceh tersebut akan terserap seluruhnya untuk pembiayaan di seKtor UMKM pada tahun 2023. Dengan demikian, upaya meningkatkan pendapatan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi dapat terwujud.

Adapun sektor ekonomi yang mengakses pembiayaan KUR di Aceh di antaranya perdagangan besar dan eceran, pertanian, perburuan dan kehutanan, jasa kemasyarakatan, sosial budaya, hiburan dan perorangan lainnya, industri pengolahan, penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum, transportasi, pergudangan dan komunikasi, perikanan, jasa Pendidikan dan real estate, usaha persewaan dan jasa perusahaan.

Sebelumnya, BSI Aceh pada 2022 mendapatkan alokasi penyaluran KUR sebesar Rp2,4 triliun dengan realisasi mencapai Rp2,79 triliun. Sementara itu, realisasi penyaluran pada 2021 sebesar Rp1,6 triliun dari target Rp1,3 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com