Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Tips Peluang Dan Perkiraan Biaya Bisnis Helm

Kompas.com - 11/09/2023, 17:00 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Helm merupakan salah satu perangkat keselamatan kendaraan bermotor ketika berpergi. Selain menjadi kebutuhan utama, banyak bikers yang mencari helm baru untuk dijadikan helm keduanya.

Bisa kamu bayangkan, jika di lingkunganmu ada 1.000 penduduk dan setiap penduduk membutuhkan helm minimal satu. Misalnya, dalam sehari ada 10 orang yang membeli helm dengan harga Rp 200 ribu. Sudah berapa keuntungan yang kamu dapatkan per harinya? Fantastis bukan?

Karenanya, bisnis helm memiliki peluang yang menjanjikan. Ini karena kamu hanya membutuhkan modal berkisar Rp 2 juta hingga Rp 4 juta atau lebih besar tergantung jumlah dan jenis helm serta merk helm yang kamu jual.

Baca juga: Cerita Satrio Membangun Bisnis Ketapel hingga Ekspor ke Manca Negara

Tertarik memulai bisnis helm? Simak Tips berikut, sebelum membuka usaha ini.

1. Tentukan Konsep Usaha

Kamu bisa memilih konsep usaha yang kamu inginkan sesuai dengan modal yang kamu miliki.

Jika kamu memiliki modal yang banyak, kamu dapat membuka toko helm. Sedangkan, jika modal yang kamu punya terbatas, kamu bisa menjual helm melalui online atau menjadi reseller.

2. Tentukan Jenis Helm

Perangkat keselamatan yang satu ini beraneka ragam di pasaran, seperti helm full face, half face, modular/flip up, helm cross/offroad, dan helm dual sport.

Baca juga: Kisah Sukses Khalid, Bisnis Produk Herbal Bermodal Uang Pesangon PHK

Kamu perlu melakukan riset jenis helm apa yang paling diminati. Selain itu, kamu juga dapat mengamati jenis kendaraan yang ada di sekitar lingkunganmu sehingga kamu dapat mengetahui jenis helm apa yang dibutuhkan sesuai dengan type kendaraannya.

3. Modal Usaha Helm

Kamu dapat memulai usaha yang satu ini hanya dengan modal Rp 2 juta hingga Rp 4 juta saja secara online di rumah. Namun, jika kamu memiliki modal yang banyak hingga Rp 150 juta, kamu dapat membuka toko helm dengan jenis yang lebih lengkap.

4. Tentukan Lokasi Usaha

Kamu dapat memilih lokasi usaha yang strategis untuk meningkatkan omset usahamu. Kamu dapat memilih lokasi usaha di pusat keramaian atau padat penduduk, seperti kampus, rumah sakit, taman, atau pinggir jalan raya.

Baca juga: Trik Jitu Meraup Cuan dari Memulai Usaha Bakso

5. Manfaatkan Platform Online

Kamu dapat menambah pundi-pundi cuan dengan memanfaatkan platform online seperti media sosial dan online shop. Kamu dapat mempromosikan bisnis helm di media sosial, antara lain Instagram, Facebook, Wa, dan lainnya.

Selain media sosial, kamu dapat menjual helm di online shop, antara lain shopee, tokopedia, lazada, akulaku, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com