Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Sukses Membuka Kafe Susu Untuk Pelaku UMKM

Kompas.com - 15/09/2023, 08:19 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mayoritas orang beranggapan membuka kafe susu membutuhkan modal yang besar. Kenyataannya, tidak semua bisnis ini membutuhkan modal besar. Kamu hanya membutuhkan modal Rp 1 jutaan untuk memulai usaha yang satu ini.

Bukan hanya itu, minuman yang menyegarkan dan menyehatkan ini juga disukai oleh masyarakat dari berbagai lapisan dan kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
Bisnis kafe susu juga mudah untuk dijalankan. Karenanya, bisnis kafe susu memiliki peluang yang sangat menjanjikan dan sangat menguntungkan.

Berminat untuk membuka usaha kafe susu? Simak tips berikut ini sebagaimana dirangkum dari beberapa sumber.

Baca juga: 6 Kiat Sukses Membangun Usaha Studio Senam

1. Siapkan Modal

Modal yang kamu gunakan untuk memulai bisnis ini sekitar Rp 1 jutaan. Modal ini nantinya akan kamu gunakan untuk membeli bahan baku yakni susu sapi segar, gula pasir, dan berbagai varian rasa.

Modal tersebut juga akan digunakan untuk membeli berbagai peralatan penting seperti gerobak, mesin display cooler, panci, pengemasan, pisau, kompor gas, baskom, dan peralatan lainnya.

Namun jika modal terbatas, kamu bisa memulai usaha ini dengan skala rumahan.

Baca juga: Jual Cendera Mata Khas Banyuwangi, Ibien Raih Pesanan dari Luar Negeri

2. Pilih Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategis tidak hanya ramai, namun harus memiliki pasar yang jumlahnya cukup potensial untuk membeli produk kamu.

Kamu dapat memilih lokasi usaha di pinggir jalan raya, dekat kampus, di permukiman padat penduduk, dekat kantor, dekat pabrik, dekat sekolah, di mall, dan pusat perbelanjaan.

3. Lakukan Inovasi yang Unik

Pelaku usaha ini sudah sangat menjamur di berbagai daerah. Karenanya, kamu harus melakukan inovasi terhadap produk kamu. Inovasi yang dapat kamu lakukan berupa penambahan berbagai varian rasa seperti yoghurt, strawberry, Oreo, maupun varian lainnya.

Baca juga: 4 Tips Sukses Buka Usaha Salon

4. Buat Branding yang Mudah di Ingat

Penamaan produk merupakan sebuah identitas yang diingat oleh konsumen. Karenanya, buat nama yang mudah diingat. Bukan hanya itu, kamu juga harus membuat logo yang memudahkan konsumen untuk membedakan produk susu usahamu dengan pesaing.

5. Harga Jual Produk Kafe Susu

Kamu dapat mematok harga yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatan dan penambahan varian rasa, kamu dapat mematok harga mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 15.000.

6. Lakukan Promosi

Pemasaran yang dapat kamu gunakan agar kafe susumu lebih dikenal yaitu kamu dapat memasarkan ke tetangga, teman, kerabat, rekan kerja, kolega, dan lainnya.

Baca juga: UMKM Produsen Jamu Hadapi Hambatan Perizinan

Manfaatkan juga media sosial seperti WhatssApp, Facebook, Instagram, dan online shop. Bukan hanya itu, kamu juga dapat membagikan brosur di tempat keramaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com