Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Hadirkan UMKM dan Desa Binaan di Trade Expo Indonesia 2023

Kompas.com - 24/10/2023, 13:33 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menghadirkan sejumlah UMKM binaan, termasuk desa wisata binaan Bakti BCA pada event Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 yang berlangsung pekan lalu.

Adapun UMKM binaan BCA yang telah terkurasi dan terpilih untuk berpartisipasi pada TEI 2023 antara lain Wastraloka, Bohopanna, Djoe Hoa, Mamasoul, PT Adarasa Putra Jaya, PT Casalini Natura Indonesia.

Di luar itu, ada dua UMKM yang berasal dari desa wisata binaan Bakti BCA yaitu Doesoen Kopi Sirap dan Kampung Batik Gemah Sumilir.

Baca juga: Simak 8 Tips Pentingnya Bergabung dalam Komunitas Bisnis

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengungkapkan TEI merupakan ajang yang positif bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produk dan memperluas jangkauan pasar mereka.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat semakin memperbesar peluang produk-produk lokal Indonesia masuk ke pasar internasional,” jelas dia dalam keterangan resmi pekan lalu.

Pada TEI 2023, tema yang diusung adalah "Sustainable Trade for Global Economic Resilience”.

Sebelumnya, BCA juga telah berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan RI untuk menggelar pelatihan perdagangan ekspor kepada 60 UMKM yang telah terkurasi di dua kota sekaligus, yaitu di Semarang dan Yogyakarta.

Pelatihan ini mencakup sejumlah materi yang akan mempersiapkan para peserta UMKM untuk membawa produknya ke kancah internasional, antara lain peningkatan kualitas produk, identifikasi potensi pasar ekspor, pemahaman akses eskspor, simulasi transaksi luar negeri, hingga promosi.

Baca juga: "Kaum Rebahan" Ingin Sukses Berbisnis? Cek Tips dari Owner Rajokabu Ini

Per September 2023, penyaluran kredit BCA ke UMKM tumbuh 14,5 persen YoY mencapai Rp 113,1 triliun jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Menyadari besarnya peran UMKM terhadap perekonomian nasional, kami merasa sangat termotivasi untuk konsisten memberikan dukungan kepada pelaku UMKM Indonesia dalam menggali potensi mereka, termasuk untuk memperluas akses pasar, baik di tingkat nasional maupun internasional. Kami berharap UMKM tanah air semakin kuat dan mampu bersaing di pasar global,” tambah Hera F. Haryn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com