Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Fitur Analisis Toko dari Lazada untuk Bantu Genjot Penjualan UMKM

Kompas.com - 28/10/2023, 09:04 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Platform e-commerce Lazada menyediakan sejumlah fitur untuk membantu akselerasi bisnis UMKM. Salah satunya adalah analisis toko.

Fitriah Rahmawati, Vice President, Business Development Lazada Indonesia menjelaskan, fitur ini dapat memberikan analisis masalah dan kekurangan yang dimiliki oleh penjual, seperti tidak adanya gratis ongkir, harga yang kurang kompetitif, hingga seller yang slow respon. 

“Fitur ini merupakan program yang berkesinambungan dan harus diselesaikan oleh seller. Bukan hanya itu, analisis ini dilakukan secara real time dan setiap hari,” ungkap Fitriah dalam penjelasannya beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pemerintah Minta Perbankan Segera Realisasikan KUR Rp 120 Triliun

Fitriah menjelaskan, fitur ini memungkinkan bisa melakukan analisis per toko dengan menggunakan database yang sudah diolah oleh tim Lazada. Karenanya, para seller dapat membenahi tokonya demi meningkatkan jumlah penjualan.

Fitriah menjelaskan, berbagai fitur yang disematkan tersebut merupakan upaya perusahaan ini memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM untuk berjualan secara online dari nol.

“Pelaku UMKM tertarik berjualan di Lazada karena Lazada memiliki program dan fitur-fitur yang dapat membantu mereka. Bahkan kita bisa mencari tahu kebutuhan para penjual lalu mengomunikasikan ke mereka," papar beberapa waktu lalu.

Hingga saat ini Lazada menjalankan program yang dapat membantu para penjual melalui Lazada Club dan Lazada University.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Manajemen Keuangan bagi Sebuah Bisnis

“Lazada club adalah sebuah komunitas para penjual untuk berbagi pengalaman baik saat event offline maupun online. Untuk Lazada University, itu kami jadikan wadah melakukan webinar baik offline maupun online mengenai apa yang harus dilakukan oleh seller,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com