Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Pun Tergiur Pasar Indonesia untuk Bisnis Kesehatan dan Kecantikan

Kompas.com - 01/11/2023, 08:51 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia adalah negara dengan populasi terbesar keempat di dunia dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 270 juta jiwa. Hal ini menjadi pasar yang potensial untuk bisnis di sektor kesehatan.

Sejumlah perusahaan asal Korea Selatan pun banyak yang mengincar pasar di Indonesia karena potensinya yang besar. Mereka membawa teknologi dan layanan kesehatan ke Indonesia.

Hal itu sebagaimana yang terlihat dalam acara “Indonesia-Korea Medical Roadshow 2023”, banyak perusahaan Korea yang berminat masuk ke pasar Indonesia di bidang rumah sakit, alat kesehatan dan kosmetik.

Direktur Jenderal Korea Trade-Investment Promotion Agency (Kotra) Jakarta, Lee Jang-hee menyatakan, pihaknya akan mendorong promosi bisnis layanan medis dan alat kesehatan Korea di Indonesia.

"Serta, kami ingin memperluas kehadiran Korea di pasar Asia Tenggara,” paparnya dalam keterangan resmi kepada media, Selasa (31/10/2023).

Baca juga: Kemendag Sinergikan 116 UKM dengan Importir asal Korea Selatan

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menyambut baik kerja sama antara Korea dan Indonesia dalam hal transformasi kesehatan di Indonesia

"Ini adalah langkah besar dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan memberikan akses yang lebih baik kepada masyarakat kedua negara," tutup Dante.

Menilik besarnya potensi pasar di Indonesia, hal ini tentu menjadi peluang bagi para pelaku bisnis serupa di Tanah Air untuk memanfaatkan ceruk pasar yang ada.

Tak hanya pelaku usaha berskala besar, UMKM pun punya kesempatan untuk menggarap pasar di bidang kesehatan dan kecantikan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com