Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Memilih Kemasan untuk Produk Kuliner bagi UKM

Kompas.com - 13/11/2023, 08:05 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kemasan adalah salah satu faktor penting yang dapat memengaruhi penjualan makanan dan minuman pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Maraknya layanan food delivery saat ini, membuat bisnis kuliner online semakin menjamur dan meluas, yang tentunya membuat kemasan produk makanan maupun minuman menjadi salah satu faktor penting dalam memuaskan konsumen.

Bukan hanya menarik, kemasan produk makanan juga harus berkualitas baik untuk membantu meningkatkan daya tarik produk, sehingga dapat meningkatkan peluang konsumen untuk membeli produk tersebut.

Baca juga: Bermodal Nol Rupiah, Qudsyi Membangun Bisnis Percetakan Kemasan Risepack

Maka dari itu, berikut adalah beberapa tips memilih kemasan untuk usaha kuliner yang telah Kompas.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Pilih kemasan yang sesuai dengan produk Anda

Pastikan kemasan yang Anda pilih sesuai dengan ukuran dan bentuk produk Anda. Kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil, dapat membuat produk Anda terlihat tidak menarik.

Anda juga harus memerhatikan jenis dan bentuk kemasan yang akan Anda pilih sebagai kemasan produk. Anda perlu memilih kemasan dengan bahan yang bagus, aman, dan ukuran yang sesuai, agar produk makanan atau minuman Anda sampai di tangan konsumen dengan utuh.

2. Pilih kemasan yang menarik dan berkualitas

Kemasan yang menarik dan berkualitas dapat membuat produk Anda terlihat lebih premium dan menggugah selera.

Sesuaikan kemasan Anda dengan karakter dan identitas bisnis Anda, agar semakin mudah dikenali oleh konsumen maupun oleh masyarakat luas.

Anda bisa menggunakan beberapa elemen khusus ataupun menggunakan warna yang menonjol untuk menunjukkan identitas merek Anda.

Baca juga: 8 Ide Kemasan Menarik untuk Bisnis Makanan Ringan

3. Pilih kemasan yang tahan lama

Kemasan yang tahan lama dapat melindungi produk Anda dari kerusakan selama pengiriman atau penyimpanan.

Bukan hanya itu, kemasan yang digunakan tidak boleh mengandung bahan-bahan berbahaya, higienis, serta tidak mudah rusak.

Sesuaikan bahan dasar kemasan dengan produk-produk yang Anda pasarkan, maka dengan demikian Anda tidak akan khawatir konsumen menerima pesanan dalam kondisi tidak utuh atau rusak.

Setelah mengidentifikasikan tiga hal penting di atas, Anda juga dapat mempertimbangkan faktor-faktor berikut dalam memilih kemasan untuk usaha kuliner Anda.

Baca juga: Simak 5 Peluang Bisnis Percetakan Kemasan

Hal pertama adalah bujet. Tentukan bujet yang Anda miliki untuk membeli kemasan.

Kedua, target audiens, sesuaikan kemasan dengan target audiens Anda. Misalnya, jika target audiens Anda adalah anak-anak, Anda dapat memilih kemasan yang berwarna-warni dan menarik.

Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya, kompetitor. Lihatlah kemasan yang digunakan oleh kompetitor Anda. Anda dapat menggunakan kemasan yang berbeda untuk menonjolkan produk Anda dari kompetitor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com