Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRILIANPRENEUR 2023 Targetkan Nilai Kontrak Hingga 80 Juta Dollar AS

Kompas.com - 22/11/2023, 19:00 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Bank BRI (Persero) akan kembali menggelar pameran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR bertema “Crafting Global Connection”.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI, Aman Sukriyanto mengatakan, Bank BRI serius untuk mengembangkan UMKM serta untuk membina UMKM di Indonesia.

“Kita tidak mau berhubungan dengan nasabah hanya dari satu titik saja, tetapi juga ingin berhubungan dengan nasabah dengan cara yang sustainable, yang berdampak untuk pertumbuhan bersama ke depannya,” kata Aman, Rabu (22/11/2023).

Sejak pada awal diluncurkan, program BRILIANPRENEUR terus menunjukkan pertumbuhan nilai kontrak. Untuk tahun ini, Sunarso menargetkan pameran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR di tahun 2023 mampu menghasilkan nilai kontrak sebesar 80 juta dollar Amerika Serikat. Nilai ini setara dengan Rp 1,24 triliun.

Hal tersebut dikatakan Sunarso sebagai suatu hal yang bagus karena ada banyak pihak yang turut berkontribusi.

Dalam kegiatan konferensi pers yang dilangsungkan di Brilian Center Jakarta, Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan jika tahun ini antusiasme para pelaku UMKM untuk mengikuti pameran ini semakin mengalami peningkatan hingga 168 persen, dan total peserta UMKM yang akan mengikuti pameran sebanyak 700 UMKM.

“Pendaftar UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR tahun 2023 ini mencapai 3.183 UMKM. Peningkatannya mencapai 168 persen,” tutur Sunarso.

Para pelaku UMKM yang mendaftarkan produk jenamanya tak hanya UMKM yang berasal dari kota-kota besar, melainkan juga dari pelosok-pelosok negeri.

Baca juga: BRI Lakukan Pendekatan Hybrid untuk Dorong Perkembangan UMKM

Produk UMKM yang telah mendaftar melalui laman website BRILIANPRENEUR 2023 telah melalui proses kurasi yang ketat. Prosesnya sendiri memakan waktu selama tiga hingga empat bulan, dilangsungkan sejak bulan Mei hingga Agustus lalu.

Baca juga: BRI Terus Dukung UMKM Lokal Go Global Lewat Program Exhibition Tahunan

Testimoni yang disampaikan oleh seorang pelaku UMKM yang lolos kurasi, Ajeng Respati Hapsari selaku Co-Founder jenama Havilla Tea, mengikuti BRILIANPRENEUR memberikan banyak manfaat dan memberikan berpengaruh pada visibilitas jenama yang dimilikinya.

Fasilitas yang telah diterima oleh Ajeng adalah sertifikasi. Havilla Tea telah mendapatkan sertifikasi FSSC 22000, yang merupakan salah satu jenis sertifikasi makanan bertaraf internasional yang telah diakui Global Food Safety Initiative (GFSI).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com