Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Menjadi Seorang Key Opinion Leader

Kompas.com - 30/11/2023, 13:03 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hidup di tengah dunia digital dengan segala perubahan dan kebaruan membawa kita pada hadirnya beragam inovasi, terutama dalam hal berbisnis di era digital sekarang ini.

Sekarang ini, banyak bermunculan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang tentunya sangat membutuhkan adanya branding dan promosi agar dikenal dan mendapatkan pelanggan.

Terkadang, promosi yang dilakukan oleh penjual masih belum bisa memberikan keyakinan dari audiens untuk kemudian membeli produk yang dijualnya. Hambatan ini bisa diatasi dengan memanfaatkan jasa promosi dari seorang mikro key opinion leader (KOL) atau tak jarang dikenal sebagai influencer.

Untuk memulai usaha kecil sebagai seorang KOL, kamu perlu memahami hal-hal berikut ini.

Baca juga: Meningkatkan Daya Saing UMKM Dengan Research and Development, Apa Itu?

Definisi KOL

Apa sih key opinion leader (KOL) itu? Pada dasarnya, KOL adalah seorang influencer atau penyebar pengaruh terhadap orang-orang yang mengikutinya di media sosial. Biasanya para key opinion leader memiliki jumlah pengikut diatas 100.000 hingga jutaan.

Sedangkan mikro KOL adalah influencer dengan jumlah pengikut yang tidak sebanyak influencer besar, berkisar 10.000 sampai 100.000 pengikut.

Meskipun memiliki jumlah pengikut yang lebih kecil, mikro KOL tetap memiliki pengaruh yang besar terhadap pengikutnya. Hal ini karena mikro KOL lebih dekat dengan pengikutnya dan lebih mudah untuk dijangkau.

Tugas Seorang KOL

Tugas yang harus dikerjakan seorang KOL adalah untuk menyampaikan informasi atau pesan kepada audiensnya. Informasi atau pesan tersebut dapat berupa promosi produk atau layanan, opini tentang suatu hal, atau sekadar berbagi cerita.

Baca juga: 5 Manfaat Menggunakan Jasa Influencer Marketing, Pelaku Bisnis Harus Tahu

Dalam melakukan promosi, tentunya KOL tidak melakukan itu sendiri, sebelumnya pemilik suatu brand akan menghubunginya dan akan membuat perjanjian kerjasama.

Kerjasama yang dibangun antara pemilik brand dan KOL dapat berupa promosi barang atau jasa, review, atau juga mengadakan kegiatan giveaway.

Kerjasama yang terjalin juga biasanya akan dijadikan sebuah konten agar lebih banyak audiens yang menyaksikannya dan meningkatkan keinginan untuk membeli setelah adanya konten dari KOL.

Hal terpenting untuk sukses sebagai mikro KOL adalah tetap konsisten dalam membuat konten. Konten yang kamu buat haruslah berkualitas dan menarik bagi pengikut kamu. Konten yang kamu buat harus selalu memiliki konsep baru dan segar, kreatif dan berbeda dari konten promosi yang umumnya ada di media sosial.

Baca juga: Jualan Online dan Belum Raih Kepercayaan Konsumen? Ini Tips dari Influencer Edho Zell

Sebagai seorang mikro KOL, kamu harus membangun hubungan yang baik dengan pengikutmu. Kamu dapat melakukan hal ini dengan membalas komentar dan pertanyaan dari pengikut kamu, serta mengadakan interaksi dengan mereka.

Dengan cara tersebut kamu telah membantu pemilik brand atau pemilik suatu usaha untuk menjangkau pasar yang lebih luas sebagaimana yang telah ditargetkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com