Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Dilakukan Di Mana Saja, Simak Prospek dan Tips Menjadi VO Talent

Kompas.com - 07/12/2023, 09:22 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Voice over talent adalah profesi pembaca naskah atau pengisi suara yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari sebuah produk audio atau audio visual.

Peran sebagai voice over talent di era digital seperti sekarang ini memberikan peluang besar untuk para pemula. Pasalnya, kebutuhan pengisian suara kian dibutuhkan, tidak hanya untuk kepentingan komersial, namun juga dalam penyiaran dan pemandu acara (master of ceremony/MC).

Bisnis voice over dapat dilakukan secara freelance atau melalui agensi voice over yang terus berkembang dari tahun ke tahun.

Mengapa demikian?

Pertama, adanya kebutuhan konstan dalam industri periklanan. Berbagai agensi periklanan tidak hanya membutuhkan seorang artis untuk membintangi sebuah promosi komersial, kehadiran voice over talent juga memiliki peran yang sangat dibutuhkan.

Baca juga: 6 Tips Promosi Produk UMKM Lewat Pameran

Kedua, layanan audiobook dan podcast dalam berbagai media tentunya membutuhkan voice over talent sebagai pembaca naskah, sehingga pengguna dapat menikmati suatu kisah dengan mendengarkan.

Sedangkan prospek usaha ketiga datang dari industri perfilman dan animasi, di mana kedua industri tersebut tak lekang dari adanya narasi monolog.

Untuk menjadi voice over talent, seseorang harus menguasai berbagai kemampuan, khususnya dalam teknik pernapasan. Simak 4 tips yang bermanfaat untuk kamu yang berminat menjadi seorang voice over talent.

1. Mempelajari skill voice over

Voice over talent menjadi pekerjaan yang banyak diminati masyarakat, khususnya bagi mereka yang tertarik dan menyukai dunia pengisi suara.

Sebagai pemula, sangat penting untuk mempelajari dan mengembangkan skill dasar menjadi seorang voice over talent, termasuk teknik pelafalan, intonasi, tempo, serta karakter suara.

Baca juga: 4 Ide Konten untuk Promosi Produk di Tiktok

2. Melakukan demo suara

Untuk memperkenalkan diri sebagai voice over talent, membuat demo suara yang menampilkan berbagai jenis naskah dan gaya pembacaan dapat menjadi langkah awal untuk memulai karir gemilang.

Demo suara ini dapat digunakan untuk mempromosikan diri kepada calon klien atau agensi voice over.

3. Bergabung dalam komunitas dan freelance voice over

Perkembangan teknologi terkini memunculkan banyak layanan penyedia jasa yang mempertemukan voice over talent dengan klien melalui satu platform.

Selain itu, dengan bergabung dalam komunitas voice over dapat membantu memperluas jaringan dan mendapatkan informasi tentang peluang pekerjaan.

Baca juga: Cara Tepat Memilih Influencer untuk Bisnis, Jangan Salah Pilih!

4. Menentukan biaya yang sesuai

Setiap orang bebas memberikan ratenya, namun kamu perlu menentukan standar biaya yang sesuai dengan nilai pekerjaan voice over yang akan dilakukan.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan fee meliputi lisensi dan distribusi pekerjaan, serta durasi pekerjaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com