Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Promosi Produk UMKM Lewat Pameran

Kompas.com - 20/11/2023, 10:27 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang bisa dilakukan para pelaku UMKM untuk mendongkrak penjualan, salah satunya dengan mengikuti pameran dagang. Selain mampu mendorong tingkat penjualan, mengikuti pameran juga memberikan banyak keuntungan untuk bisnis.

Misalnya saja memudahkan pengenalan produk yang ditawarkan, baik barang maupun jasa. Bahkan, keikutsertaan dalam pameran mampu meningkatkan visibilitas bisnis. Ditambah lagi, saat pameran Anda juga bisa lebih mudah menjangkau calon konsumen secara langsung.

Tertarik untuk berpartisipasi dalam pameran dagang, tapi masih bingung cara promosinya? Dilansir dari Cermati.com, simak dulu tips selengkapnya berikut ini:

1. Susunlah Perencanaan dengan Matang

Sebelum ikut serta dalam sebuah pameran, hal pertama susunlah perencanaan dengan matang. Pastikan perencanaan tersebut dibuat jauh sebelum event pameran dilaksanakan.

Dalam menyusun perencanaan, pastikan pameran yang diikuti sesuai dengan target market bisnis Anda. Kemudian, tentukan tujuan apa yang ingin dicapai dari pameran tersebut. Misalnya meningkatkan konversi penjualan, memperluas jaringan, atau justru menguatkan branding.

Tak hanya itu, disarankan juga untuk menyusun rincian biaya yang harus disiapkan saat mengikuti pameran. Biaya-biaya tersebut meliputi biaya sewa stand, sewa peralatan, promosi, tenaga dan lain sebagainya.

2. Siapkan Konten Promosi

Saat mengikuti pameran, jangan lupa untuk menyiapkan materi promosi semenarik mungkin. Buat logo dengan tampilan stand pameran yang lebih menonjol dilengkapi dengan informasi produk secara lengkap, jelas dan mudah dimengerti.

Siapkan pula materi promosi pendukung seperti brosur, pamflet, banner, kartu nama, hingga spanduk dengan tampilan yang profesional. Satu lagi yang tak boleh dilewatkan yakni menyiapkan, sampel produk. Jika memungkinkan, Anda juga bisa melakukan demonstrasi secara langsung agar pengunjung tertarik.

3. Buat Promosi Sebelum Pameran Berlangsung

Jangan lupa untuk memanfaatkan situs web dan media sosial untuk mengumumkan keikutsertaan bisnis. Hal ini agar partisipasi bisnis Anda di pameran semakin di-notice banyak orang.

Jangan ragu pula juga untuk menyebarkan undangan secara khusus. Terutama untuk para pelanggan potensial, agar mereka berkunjung ke stand pameran Anda. Jika memungkinkan, lakukan rilis berita di media lokal.

Semakin banyak orang tahu, maka akan semakin banyak pula yang tertarik dan datang berkunjung ke stand pameran bisnis Anda. Ini artinya, akan semakin banyak potensi bisnis yang dihasilkan.

4. Pilih Lokasi Stand yang Strategis

Lokasi stand di sebuah pameran menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan baik-baik. Karena bisa mempengaruhi tinggi rendahnya antusias pengunjung yang datang hingga tingkat penjualan.

Maka dari itu, Anda perlu memilih lokasi stand atau booth yang tepat dalam acara pameran tersebut. Jika memungkinkan, pilih lokasi yang strategis, seperti dekat pintu masuk atau spot favorit.

Hal ini supaya, stand pameran Anda bisa dijangkau dengan mudah oleh para pengunjung pameran. Sehingga akan membuat pengunjung pameran yang lain akan ikut tertarik untuk datang.

Baca juga: Jurus Bisnis UMKM Tahan Banting dan Awet Sepanjang Masa

5. Tingkatkan Interaksi dengan Pengunjung

Ketika sedang mengikuti pameran dagang, jangan lupa untuk mempelajari seni berbicara secara langsung, terutama dengan pengunjung pameran. Jadilah seorang penjual yang selalu tampak ramah, bersahabat, informatif dan juga tulus.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com